Minuman hangat bisa membuat tubuh rileks sehingga memudahkan tidur.
Minuman hangat bisa membuat tubuh rileks sehingga memudahkan tidur. ( shutterstock)

Menjaga Kesehatan Jantung Kita dengan Secangkir Cokelat Panas

7 April 2021 20:15 WIB

SonoraBangka.id - Secangkir cokelat panas di pagi hari, selain memberikan rasa hangat pada tubuh, ternyata juga memiliki khasiat lainnya.

Menyesap cokelat panas dapat menjaga kesehatan jantung.

Demikian kesimpulan dari penelitian terbaru yang dilakukan tim ahli di University of Birmingham, Inggris.

Penelitian yang dimuat ke dalam jurnal Nutrients tersebut mengungkapkan lebih dalam tentang alasan di balik kesimpulan itu.

Disebutkan, peningkatan konsumsi flavanol --zat yang ada pada kakao, serta buah dan sayuran-- dapat mencegah seseorang mengalami tekanan mental akibat gangguan kardiovaskular.

Gangguan kardiovaskular mencakup penyakit jantung, stroke, dan trombosis -terbentuknya gumpalan di pembuluh darah.

Dalam riset itu para peneliti menemukan, pembuluh darah dapat berfungsi lebih baik di masa masa stres, ketika seseorang menyesap minuman cokelat yang kaya flavanol tadi.

Kakao dipercaya memiliki efek positif pada selaput tipis sel -dikenal sebagai endotelium, yang melapisi jantung dan pembuluh darah.

Ketika kinerja endotelium optimal, maka selaput itu dapat membantu mengurangi berbagai risiko penyakit.

Mulai dari masalah pembuluh darah perifer, stroke, penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal, tumor, trombosis, dan infeksi virus parah.

Namun, stres secara mental juga dapat berdampak negatif pada cara pembuluh darah beroperasi.

"Kami menemukan, meminum kakao kaya flavanol dapat menjadi strategi diet yang efektif untuk mengurangi gangguan sementara pada fungsi endotel, setelah stres mental."

"Minuman ini juga meningkatkan aliran darah selama masa stres," kata penulis utama studi, Dr Catarna Rendeiro, Msc, PhD, dalam sebuah pernyataan.

"Dengan mengandalkan senyawa flavonol selama periode kerentanan vaskular akut seperti stres, kami dapat menawarkan panduan yang lebih baik kepada orang-orang tentang cara memaksimalkan pilihan makanan."

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm