Seorang wanita membersihkan gagang pintu untuk mencegah infeksi virus corona
Seorang wanita membersihkan gagang pintu untuk mencegah infeksi virus corona ( aslysun)

Bagaimana Tips Mencegah Covid-19 Masuk ke Rumah ?

11 April 2021 15:07 WIB

SonoraBangka.id - Menjaga kebersihan adalah hal penting yang harus kita lakukan untuk mencegah virus memasuki rumah.

Tetapi, hal ini bisa penuh tantangan karena kita tidak bisa sama sekali lepas dai dunia luar.

Acapkali kita harus menerima paket, membeli makanan, atau kedatangan tamu.

Nah, apakah aman untuk menerima paket atau membeli makanan yang bungkusnya telah disentuh oleh banyak orang, mulai dari penjual hingga kurir?

Selama ini para ahli percaya virus corona menyebar dari satu orang ke orang lain melalui partikel kecil ketika seseorang yang terinfeksi berbicara, batuk, atau bersin di dekat orang lain.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS mengakui bahwa seseorang juga mungkin tertular virus karena menyentuh benda yang telah terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka sendiri.

Tetapi risiko tertular lewat paket atau bungkus makanan ternyata rendah, jika kita selalu menjaga kebersihan tangan. "Cuci tangan, itu kuncinya.

Cuci tangan dengan sabun. Kalau tidak ada sabun ya pakai hand sanitizer," kata Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona pada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Selain membiasakan mencuci tangan, kita juga perlu membersihkan rumah namun tidak perlu terlalu obsesif akan kebersihannya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa permukaan yang dicuci dengan air dan sabun (atau deterjen) sekali sehari sudah cukup untuk menghilangkan virus yang ada di permukaan benda.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm