Video Klip Singgle Sapu Jagat Radja Dituding Plagiat Lagu Sabyan Gambus, Moldy: Kami Hanya Berkarya
Video Klip Singgle Sapu Jagat Radja Dituding Plagiat Lagu Sabyan Gambus, Moldy: Kami Hanya Berkarya ( TRIBUNNEWS.com/Arie Puji Waluyo)

Video Klip Single Sapu Jagat Radja Dituding Plagiat Lagu Sabyan Gambus

13 April 2021 15:14 WIB

SonoraBangka.ID - Lama menghilang dari industri musik, grup band Radja kembali muncul dengan single religinya yang bertajuk 'Sapu Jagat'.

Radja merillis single religi dan video klip Sapu Jagat di channel Youtubenya pada 9 April 2021 lalu. Baru tiga hari tayang, video klip mereka langsung menjadi perbincangan.

Ian Kasela dan kawan-kawan dituding menjiplak atau diduga melakukan plagiat dari hasil karya grup musik Sabyan yang digawangi Nissa dan Ayus yang berjudul sama dengan karya lagu religi Radja 'Sapu Jagat'.

Tuduhan menjiplak atau plagiat terlihat dari komentar-komentar warganet, yang menilai judul dan konsep video klip Radja sama persis dengan milik Sabyan.

"Kek Sabyan ini teh konsepnya apa gimana heheh.. tapi aku selalu dukung radja... Dari SMP udah jadi radjaku heheheh," tulis akun iankk89 official dikutip Warta Kota, Selasa (13/4/2021).

Ketika dilihat dan dibandingkan, video klip Sapu Jagat dan Sabyan sedikit berbeda.

Sabyan, dalam video klipnya menampilkan model yang sedang berakting yang mengikuti lirik dan alunan nadanya.

Sementara Radja tidak. Video klip terlihat Ian Kasela sedang menyanyikan lagu Sapu Jagat dengan latar dirinya bersama model perempuan, yang diketahui adalah Dewi Perssik.

Moldy bersama Ian Kasela, Seno, dan Indra mengacuhkan komentar warganet yang menuduhnya menjiplak atau plagiat karya dari Sabyan.

"Itu bebas saja sesuai pendapat masing-masing orang. Yang penting niat kami hanya berkarya dan menghibur tanpa mengganggu orang lain," ujar Moldy kepada awak media, Senin (12/4/2021) malam.

Moldy menambahkan, ia menyadari setiap karya dari grup musik atau musisi termasuk Radja, pasti akan menimbulkan pro dan kotra dalam segi apapun.

Walau timbul pro dan kontra atau pertentangan publik, Moldy berharap lagu Sapu Jagat Radja bisa dinikmati masyarakat Indonesia, dan bisa berdampak dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Video Klip Singgle Sapu Jagat Radja Dituding Plagiat Lagu Sabyan Gambus, Moldy: Kami Hanya Berkarya, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/04/13/video-klip-singgle-sapu-jagat-radja-dituding-plagiat-lagu-sabyan-gambus-moldy-kami-hanya-berkarya?page=2.


KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm