( Ist)

Kue Khas Muntok Cemilan Kesukaan Bung Karno

20 April 2021 09:48 WIB

SonoraBangka.id - Seribu macam makanan kecil atau kue jajanan pasar merupakan bentuk ekonomi kreatif yang diturunkan ibu-ibu sejak zaman dulu hingga saat ini di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Panganan Pelite cemilan kesukaan Bung Karno, adalah kue khas Muntok," ungkap Melati Erzaldi, Ketua Dewan Pembina (KDP) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraft) Kepulaun Bangka Belitung beberapa waktu lalu.

Hal itu menurut Ketua Melati Erzaldi merupakan salah bukti bahwa ekonomi kreatif Babel yang sudah terbentuk sejak zaman dulu.Dalam bentuk lain, Kain Tenun Cual berbentuk songket dan selendang sebagai fashion Babel dimiliki Bangka Barat sejak ratusan tahun lalu.

"Harapan saya, Bangka Belitung dengan segala macam potensialnya dapat bersama-sama membangun ekonomi kreatifnya," ajaknya.

Gerakan ini harus mampu memberikan peran dalam menggerakan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif bukan hal baru, sejak zaman dulu Bangka Barat sudah memiliki kreatifitas kuliner yang dikenal sebagai kota dengan ragam kue enak.

Sebagai Dewan Pembina, Ketua Melati Erzaldi menyatakan, akan terus mendampingi dan yakin bahwa semua stakeholder seperti pemerintah pun akan mendukung, terlebih Ketua Erzaldi Rosman yang merupakan suami dan orang nomor satu di Babel.

PenulisEdwin
EditorEdwin
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm