( Ist)

Deshandra Craft Sentra Kerajinan Lidi Nipah Babel

27 April 2021 13:05 WIB

SonoraBangka.id - Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mencanangkan Deshandra Craft menjadi sentra kerajinan lidi nipah.

"Saya senang melihat perkembangan yang begitu pesat pada Deshandra Craft. Segera galeri ini akan dijadikan sentra kerajinan," ungkap Melati Erzaldi saat berkunjung ke Industri Kecil Menengah (IKM) pengrajin lidi nipah, Senin lalu di Kace Kabupaten Bangka.

Beranjak dari memanfaatkan lidi kelapa saat pandemi, Deshandra Craft sejak September 2020 memulai eksperimen dengan lidi nipah. Setelah lima kali mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Babel, Ibu Eva, pemilik Deshandra Craft bersama suami memberanikan diri untuk mulai membuat kerajinan dengan kreativitas dan keterampilan yang mereka dapat dari pelatihan-pelatihan. Produk yang dibuat berupa laundry basket, cermin, hingga tempat parcel dan souvenir.

Produk olahan lidi nipah ini kemudian berkembang dengan baik dan diminati pasar lokal maupun nasional. Bahkan, bertepatan dengan kunjungan Ketua Dekranasda Babel hari ini, Deshandra Craft mendapat kabar gembira. Produk mereka diapprove untuk di pasarkan di Amazona melalui pemasaran langsung dan juga media sosial.

Tak hanya itu, Deshandra Craft juga memiliki kerajinan batik. Batik yang dibuat di galeri ini adalah batik cap dengan mal yang dibuat manual dari kardus. Motifnya mengangkat tema tentang keunggulan-keunggulan Babel.

Sebelumnya, Gubernur Erzaldi Rosman juga pernah berkunjung ke galeri ini. Orang nomor satu di Babel ini memberikan bantuan berupa mesin pemilin tali rafia sebagai bentuk dukungannya terhadap perkembangan IKM di Babel. Saat itu, gubernur melihat pemilinan tali rafia yang juga menjadi kerajinan IKM ini, diproduksi dan dikerjakan secara manual. Maka, mesin pemilin kemudian diberikan untuk mempermudah dan mempercepat proses produksi.

Kerajinan berbahan dasar tali rafia menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Seperti karpet, alas piring/gelas dan sebagainya. Bahkan dalam kunjungan, Melati Erzaldi memesan produk ini secara khusus dengan ukuran khusus pula untuk digunakan dikediamannya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm