Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anak (KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)
Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anak (KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda) ( kompas.com)

10 Tips Aman Naik Motor Saat Bonceng Anak Kecil

27 April 2021 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor merupakan alat transportasi paling populer di Indonesia. Motor mendominasi jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 84 persen kendaraan di Indonesia ialah motor. Tiap-tiap rumah tangga setidaknya memiliki satu motor.

Motor tersebut digunakan sebagai alat transportasi utama untuk semua anggota keluarga. Termasuk untuk keluarga yang masih punya anak kecil.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, berkendara bersama anak mesti diperhatikan.

"Pemahaman dalam berkendara perlu menjadi perhatian utama, apalagi saat berkendara bersama anak, yang tentunya butuh persiapan dan perencanaan," katanya dalam rilis resmi, Selasa (27/4/2021).

Oleh sebab itu Yamaha Riding Academy (YRA), memberikan tips cara aman berkendara menggunakan motor untuk keluarga khususnya saat membonceng anak kecil.

Berikut 10 tips aman berkendara mengunakan motor bersama anak:

1. Gunakan perlengkapan berkendara untuk anak

Perlengkapan berkendara disesuaikan dengan ukuran anak, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu

2. Posisikan Anak Tepat di Belakang Pengendara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm