fungsi spion tengah pada kabin (s515i.com)
fungsi spion tengah pada kabin (s515i.com) ( kompas.com)

Salah Kaprah Fungsi Dari Tuas Spion Tengah pada Mobil

7 Mei 2021 17:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Banyak pemilik mobil yang tidak paham akan kegunaan beberapa fitur pada kendaraannya. Malas baca buku manual biasa jadi penyebab utama atau sering malu bertanya pada orang lain juga jadi kendala.

Padahal kalau mengenali semua fitur pada mobil, bisa membantu pengemudi saat berkendara.

Misal, tuas kecil pada spion tengah yang terdapat pada beberapa jenis mobil. Walau selalu terlihat, masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum paham akan kegunaannya.

Terutama bagi pengemudi wanita, yang tidak jarang memanfaatkan tuas tersebut untuk menyetel posisi spion saat dandan sebelum turun dari mobil.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari tuas pada spion tengah pada kabin mobil?

“Banyak orang mengiria fungsinya untuk melihat ke penumpang belakang saat ingin ngobrol. Padahal ini untuk membias sinar lampu yang berlebihan dari kendaraan yang ada di belakang terutama saat malam hari,” ujar Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Indah menjelaskan, dengan turunnya spion bisa meminimalisasi cahaya yang menimbulkan silau dari kendaraan di belakang.

“Karena pantulan dari lampu tidak langsung, tapi terhalang dan dibiaskan di kaca belakang yang baru diteruskan ke spion sehingga intensitas cahayanya lebih rendah,” kata dia.

Cara penggunaanya cukup mudah, pemilik mobil tinggal menekan klip atau tuas yang ada di bawah kaca spion dan secara otomatis kaca akan menekuk ke bawah.

“Tapi ketika sedang berkendara wajib di balikan ke posisi semula, karena bila dibiarkan dengan posisi berkendara malam justru membuat silau karena langsung terkena bias cahaya matahari dari kaca belakang,” ucap Indah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah pada Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/07/044200215/salah-kaprah-fungsi-tuas-spion-tengah-pada-mobil.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm