( Ist )

Stok Penyaluran BBM dan LPG Selama Ramadan Hingga Idul Fitri di Sumbagsel Aman

21 Mei 2021 16:06 WIB

SonoraBangka.id - Selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 yang bekerja sejak 26 April 2021 s.d 30 Mei 2021. Tim ini bertugas untuk memastikan agar kondisi stok dan penyaluran BBM serta LPG aman di wilayah Sumbagsel yang wilayahnya meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung.

Berdasarkan data Satgas RAFI 2021 per 16 Mei 2021, Pertamina MOR Sumbagsel mencatat adanya kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Gasoline sebesar 11,1% dari rata-rata konsumsi normal harian (Jan - Mar 2021) yaitu sebesar 7.448 KL.

Kenaikan signifikan terjadi pada produk-produk BBM berkualitas dan ramah lingkungan. BBM jenis Pertamax konsumsinya naik sebesar 35% dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 733 KL, untuk kemudian disusul Pertamax Turbo yang mencatat kenaikan sebesar 22% dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 53 KL, dan Pertalite yang mencatat kenaikan sebesar 20% dibandingkan dengan konsumsi normal harian yaitu 4.220 KL.

Sementara itu, untuk BBM jenis Gasoil konsumsinya mengalami penurunan sebesar 8,3% dibandingkan konsumsi normal harian yaitu sebesar 4.517 KL. Hal yang sama terjadi pada konsumsi Avtur yang mengalami penurunan sebesar 13% dari rata-rata konsumsi normal harian yaitu sebesar 42 KL.

Untuk LPG, konsumsinya naik sebesar 9,8% dibandingkan konsumsi normal harian yaitu sebesar 1.970 MT.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, saat ini masyarakat sudah konsisten untuk menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

"Ini membuktikan bahwa masyarakat telah merasakan manfaat penggunaan BBM berkualitas yang mendukung performa kendaraan," tambah Umar.

Pertamina tetap berkomitmen untuk melayani kebutuhan BBM dan LPG dengan baik menjelang dan setelah berakhirnya periode Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

"Adapun kondisi Stok BBM dan LPG saat ini juga dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Sumbagsel," tutup Umar.

SumberHumas Pertamina
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm