Tuas transmisi otomatik. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Tuas transmisi otomatik. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Pahami Ciri-ciri Kerusakan Transmisi pada Mobil Matik

27 Mei 2021 17:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil transmisi matik sekarang ini banyak dipilih oleh konsumen otomotif karena lebih mudah dan nyaman ketika dikendarai.

Pengemudi tidak perlu lagi menahan kopling berlama-lama sampai kaki kiri pegal.

Walaupun pengoperasiannya terbilang mudah, tapi harus dipahami juga ciri-ciri transmisi matik yang bermasalah, atau akan rusak.

Pemilik bengkel AP Speed di Bekasi Imam Choiri alias Apre mengatakan, langkah awalnya bisa dengan mencoba semua fungsi perpindahan tuas transmisi.

Coba pindahkan transmisi ke semua posisi dalam kondisi mesin menyala. Kondisi masih normal jika perpindahan dapat dilakukan dengan mudah, dan tidak terdapat entakan yang keras saat dipindahkan ke salah satu gigi.

“Kalau ada entakan keras, berarti ada kerusakan di bagian internal transmisi, atau bisa juga ada kerusakan di ECU. Sebaiknya hindari mobil bekas yang mengalami hal ini, karena biaya perbaikan transmisi dan ECU cukup mahal,” ujar Apre kepada Kompas.com pekan lalu.

Kemudian, pastikan saat transmisi melakukan perpindahan gigi secara otomatis, tidak ada getaran berlebih pada tuas transmisi.

“Selain itu, perhatikan jeda saat transmisi berpindah, hingga transmisi memberi respon. Kalau kelamaan pasti ada masalah, normalnya jeda tidak lama, paling lama sekitar dua detik,” kata Apre.

Lalu saat dibawa berkendara, pastikan juga mobil matik langsung merespon baik ketika melakukan kickdown. Kalau akselerasi melemah, atau putaran mesin meninggi, namun kecepatan tidak meningkat signifikan, bisa jadi kampas kopling mulai habis.

“Itu gejala selip, paling parah bisa sampai tidak kuat menanjak saat berada di tanjakan. Solusinya harus ganti kampas kopling, selain selip, tanda lainnya juga bisa muncul bunyi kasar dari sekitar girboks,” ucap Apre.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Ciri-ciri Kerusakan Transmisi pada Mobil Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/27/063800815/kenali-ciri-ciri-kerusakan-transmisi-pada-mobil-matik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm