The Rolling Stones
The Rolling Stones ( www.billboard.com )

Benarkah Gejala Demensia Bisa Berkurang dengan Bermain Musik ?

2 Juni 2021 14:39 WIB

SonoraBangka.id - Tahukah Anda, bahwa musik dapat meningkatkan kesehatan otak?

Ya, musik memang dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik.

Faktanya, penelitian baru menunjukkan bahwa memiliki kebiasaan yang kreatif seperti memainkan musik dapat memberikan efek positif pada kognisi kita, bahkan jika kita sudah menunjukkan tanda-tanda demensia.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society, para peneliti dari University of Pittsburgh meneliti sembilan riset dengan 495 peserta di atas usia 65 tahun yang memiliki gangguan kognitif ringan (MCI) atau demensia.

Studi secara khusus mengevaluasi orang lanjut usia (lansia) dengan MCI, yang mengambil bagian dalam improvisasi musik, memainkan musik yang ada, menyanyi, memainkan instrumen, atau bentuk lain dari pembuatan musik.

Gangguan kognitif ringan didefinisikan sebagai keadaan praklinis antara penuaan kognitif normal dan penyakit alzheimer.

Demensia, istilah umum untuk berbagai gejala kognitif terkait usia, didefinisikan sebagai penyakit yang melemahkan dan secara dramatis dapat mengubah aspek kognitif, emosional, serta sosial kehidupan seseorang.

Penulis utama studi, Jennie L. Dorris, Ph.D mengatakan bahwa bermain musik memiliki efek kecil namun signifikan secara statistik pada fungsi kognitif seperti pemikiran dan memori.

Hal itu disebabkan karena memainkan musik bekerja di banyak area otak kita pada saat yang bersamaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm