Ilustrasi aki menggelembung (Rudi Hansend)
Ilustrasi aki menggelembung (Rudi Hansend) ( kompas.com)

Aki Motor Yang Menggelembung, Tanda Sudah Harus Diganti

6 Juni 2021 17:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Membahas komponen pada sepeda motor, maka keberadaan aki tidak dapat diabaikan. Aki berfungsi sebagai alat penyimpan daya listrik pada kendaraan bermotor.

Dengan adanya aki, berbagai komponen kelistrikan dapat berfungsi dengan normal karena disuplai energi listrik yang cukup oleh aki.

Tapi masih umum dijumpai penyakit yang dialami pada aki sehingga kinerjanya jadi tidak normal. Salah satu penyakitnya adalah aki yang menggelembung. Lalu mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, penyakit aki menggelembung dapat dialami baik pada aki kering maupun aki basah.

"Kalau untuk aki basah, bisa jadi karena air akinya yang kurang," kata Dwi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Sementara untuk aki kering, Dwi menjelaskan kemungkinan aki menggelembung disebabkan gel yang ada di dalam aki menguap karena bocor. Terlebih kalau dalam proses pengisian daya listrik, voltasenya terlalu besar.

Selain itu, penyakit ini juga disebabkan karena pelat cell di dalam aki yang sudah rusak. Tekanan dari pelat cell tersebut yang membuat aki terlihat menggelembung.

Terlebih kalau alternator terus mengisi daya ke dalam aki dengan pelat cell yang sudah rusak. Hal ini akan menimbulkan suhu panas yang berlebih.

Oleh sebab itu, kalau aki memang sudah terlihat menggelembung, itu berarti pertanda bahwa memang aki harus segera diganti dengan yang baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aki Motor Menggelembung, Tanda Sudah Harus Diganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/06/102100215/aki-motor-menggelembung-tanda-sudah-harus-diganti.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm