Seorang tukang ganjal mendorong sepeda motor yang tidak kuat nanjak saat melintas pada arus balik H+2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)
Seorang tukang ganjal mendorong sepeda motor yang tidak kuat nanjak saat melintas pada arus balik H+2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI) ( kompas.com)

Trik Supaya Skutik Mampu Menaklukkan Tanjakan Terjal

10 Juni 2021 17:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ada anggapan bahwa skutik loyo di tanjakan. Terutama motor matik berkapasitas kecil. Torsi dan tenaganya kurang mumpuni menaklukkan tanjakan terjal.

Head Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada dasarnya semua motor butuh teknik berkendara untuk menghadapi tanjakan. Khusus untuk skutik sebaiknya mengambil ancang-ancang dengan jarak yang cukup.

Agus mengatakan, ketika mulai menaiki tanjakan usahakan menjaga kecepatan agar kuat menaiki tanjakan. Jangan buka gas penuh saat masih di bawah sehingga kehabisan tenaga.

"Pada saat di tanjakan jangan langsung buka gas secara penuh, pastikan untuk membuka gas secara perlahan agar torsi mesin dapat maksimal. Karena kerja sabuk pada motor matik tidak seperti gear pada kendaraan manual," kata Agus kepada Kompas.com, belumlama ini.

Agus menyarankan, kalau jalanan sedang lengang bisa pakai trik dengan melakukan zig-zag. Dengan berjalan zig-zag, jalan menjadi lebih landai karena jalurnya tidak tegak vertikal namun berjalan miring.

"Jika berjalan secara zig-zag masih belum bisa dan mesin kendaraan sudah tidak kuat lagi, kurangi beban kendaraan. Entah mengurangi beban bawaan atau penumpang yang turun," ucap Agus.

Selain teknik berkendara, Agus mengatakan pastikan bahwa motor dalam kondisi sehat. Cek bagian mesin terutama pada v-belt untuk kendaraan matik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trik Agar Skutik Mampu Hajar Tanjakan Terjal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/09/180100315/trik-agar-skutik-mampu-hajar-tanjakan-terjal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm