Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. (UNSPLASH/takahiro taguchi)
Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. (UNSPLASH/takahiro taguchi) ( kompas.com)

Mengapa Pegang Setir Mobil Harus Menggunakan Dua Tangan

10 Juni 2021 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit yang menganggap remeh cara memegang setir. Padahal posisi tangan saat mengemudi amat menentukan keselamatan berkendara.

Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Consulting (IDDC), mengatakan, posisi tangan di setir tidak bisa sembarangan.

Menurutnya, ada tata cara yang harus diikuti saat memegang setir untuk meminimalisir risiko saat terjadi kecelakaan.

Ia juga mengatakan, menyetir menggunakan satu tangan dapat mengurangi respons sopir sewaktu mengemudikan mobil. Kondisi ini berdampak pada lambatnya proses antisipasi.

"Apabila hanya satu tangan memegang roda kemudi, maka potensi risiko akan meningkat karena kontrol dan komunikasi akan berkurang," ujar Bintarto kepada Kompas.com belum lama ini.

Adapun posisi tangan yang ideal saat memegang lingkar kemudi mobil ini adalah searah dengan posisi jarum jam 9 dan jam 3.

Bintarto menambahkan, menyetir dengan kedua tangan akan membuat distribusi beban menjadi seimbang, dan bisa mengurangi tingkat kelelahan ketimbang pakai satu tangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Pegang Setir Mobil Harus Pakai Dua Tangan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/10/111200615/mengapa-pegang-setir-mobil-harus-pakai-dua-tangan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm