Ilustrasi
Ilustrasi ( Adobe Stock)

Begini Cara Kenali Orang yang Memiliki Kecenderungan untuk Bunuh Diri

12 Juni 2021 11:31 WIB

SonoraBangka.id - Apakah ada kesamaannya antara Robin Williams, Kurt Cobain, Chester Bennington, Kate Spade, dan Anthony Bourdain?

Ya, memang mereka adalah orang terkenal, terbilang sukses, namun mengakhiri hidupnya sendiri.

Kita sering tidak habis pikir mengapa orang yang memiliki harta dan ketenaran justru merasa depresi dan akhirnya nekat bunuh diri.

Apa penyebabnya? Apakah ada ciri-ciri orang yang berpotensi bunuh diri?

Bunuh diri bukanlah penyakit mental, namun biasanya adalah potensi hasil dari penyakit mental yang serius, yang dapat meliputi depresi, kelainan bipolar, stres, kegelisahan, atau gangguan post-trauma.

Mewaspadai diri terhadap gejala umum bunuh diri dapat membantu kita menghindari konsekuensi yang buruk dan mengetahui akar penyebab perasaan ingin bunuh diri.

Apa saja tanda-tanda seseorang berpotensi ingin bunuh diri?

1. Merasa tidak punya harapan

Hal ini adalah gejala paling umum pada orang-orang yang menderita depresi.

Orang-orang yang memikirkan tentang bunuh diri sering merasa terjebak atau tidak memiliki harapan terhadap suatu situasi.

Tidak adanya harapan dapat menyebabkan seseorang memiliki perasaan negatif terhadap kondisi saat ini dan bahkan ekspektasi terhadap masa mendatang.

2. Perasaan sedih dan moody yang ekstrem

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm