Ilustrasi jumper aki mobil (GridOto.com/Ryan)
Ilustrasi jumper aki mobil (GridOto.com/Ryan) ( kompas.com)

Ini Langkah Proses Melakukan Jumper Aki Mobil yang Aman

14 Juni 2021 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Aki jadi komponen vital dalam menunjang kinerja berbagai perangkat kelistrikan pada mobil. Aki dengan kualitas yang kurang baik tentu akan menyebabkan kerja berbagai perangkat kelistrikan jadi tidak optimal.

ketika aki mulai soak, mobil pun juga tidak bisa untuk distarter. Tentu ini jadi masalah terutama kalau sedang dalam kondisi darurat.

Maka dari itu, jumper jadi solusi paling cepat dalam kondisi darurat agar aki mobil mendapatkan daya dan mobil bisa dikendarai menuju bengkel terdekat. Ada langkah-langkah yang disarankan oleh tenaga ahli agar proses melakukan jumper tetap aman.

Saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021), Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan langkah-langkah aman untuk melakukan jumper aki mobil.

"Siapkan kabel jumper yang bagus begitu juga klemnya, siapkan aki donor utk men-jumper. Pastikan aki donor dalam keadaan bagus, kapasitas dan nilai ampere-nya minimal sama atau lebih besar dari aki yang akan di-jumper," kata Didi.

Kabel yang digunakan haruslah kabel khusus untuk jumper karena arus listrik yang akan mengalir mempunyai daya yang tinggi. Penggunaan kabel khusus bertujuan demi keamanan untuk menghindari potensi korsleting.

"Lalu kondisi kelistrikan mobil harus dimatikan terlebih dahulu. Pasang klem positif (+) yang berkabel merah pada kedua aki, lalu baru pasang yang negatif (-) warna hitam. Pastikan pemasangan klem sudah kencang untuk menghindari timbulnya percikan api," kata Didi lebih lanjut.

Usai klem terpasang dengan kencang, mulailah mencoba menyalakan mesin mobil yang akinya soak. Setelah menyala, tunggu beberapa menit untuk mengisi daya pada aki yang soak.

Untuk melepas klem dan kabel jumper harus berhati-hati. Lepas klem negatif (-) pada aki mobil yang bermasalah dulu, baru kemudian pada aki yang normal.

Lakukan dengan urutan yang sama untuk klem positif (+). Pastikan pula saat proses melepas klem tidak menyenggol bagian mobil lainnya terutama yang berbahan logam.

Harap diingat, upaya jumper aki ini hanya dilakukan dalam kondisi darurat. kalau jumper aki masih tidak berhasil, maka artinya mobil memang harus diservis oleh tenaga ahli di bengkel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Langkah Melakukan Jumper Aki Mobil yang Aman", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/14/151200715/ini-langkah-melakukan-jumper-aki-mobil-yang-aman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm