motor dalam rumah (Kompas.com/Fathan Radityasani)
motor dalam rumah (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Trik Simpan Motor Agar Ban Tak Gampang Kempis

18 Juni 2021 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu cara menangkal maling ialah menyimpan sepeda motor di dalam rumah. Namun hal yang sering terjadi ialah ban menjadi cepat kempis.

Technical Service & Development Department Head ban FDR, Jimmy Handoyo, mengatakan, hal itu terjadi sebab ban bersentuhan langsung dengan ubin atau lantai yang dingin.

Hal tersebut sesuai dengan sifat udara yang bila panas akan memuai sedangkan bila dingin menyusut.

“Banyak faktor yang memengaruhi turunnya tekanan udara ban jika bersentuhan langsung dengan lantai. Biasanya, semakin rendah suhu lantainya, kemungkinan ban semakin cepat kempis,” kata Jimmy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jimmy mengatakan, trik agar ban tidak cepat kempis ialah pakai standar tengah kemudian ban depan diberi pelapis agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

“Pakai alas karpet karet atau minimal karton tebal sehingga menahan kontak langsung dengan lantai. Biasakan untuk menggunakan standar ganda sehingga ban belakang tidak terkena lantai,” ucap Jimmy.

Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC, Dodiyanto mengatakan, cara lainnya ialah mengisi ban dengan tekanan udara maksimum.

“Sah-sah saja selama masih batas maksimum. Kan tujuannya setelah disimpan motornya seminggu, kalau mau dipakai tidak perlu diisi lagi udaranya,” kata Dodi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trik Simpan Motor Agar Ban Tak Mudah Kempis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/18/122200315/trik-simpan-motor-agar-ban-tak-mudah-kempis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm