Ketua Komisi II Dprd Babel Adet Mastur
Ketua Komisi II Dprd Babel Adet Mastur ( SonoraBangka.id / edwin)

Ketua Komisi II Dprd Babel : Sektor Pariwisata Dan Budaya Harus Jadi Andalan

23 Juni 2021 15:31 WIB

SonoraBangka.id - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Adet Mastur mengatakan Dprd akan mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) Kepariwisataan, menjadi peraturan daerah (Perda).

"Pembahasan Raperda Kepariwisataan hampir rampung dan hanya tinggal menunggu pengesahan, kemudian didalam Raperda Pariwisata serta visi misi gubernur, telah kami perkuat dalam RPJP maupun RPJ,"ungkapnya (22/06/2021).

Politisi PDIP ini menjelaskan, Bahwa, kedepan, arah kebijakan Provinsi bangka belitung akan bergerak di dua sektor yakni sektor pertanian dan sektor pariwisata.

"Kita tidak lagi mengandalkan Pertambangan, karena pertambangan untuk saat sekarang ini lokasi-lokasi tambang kita ini semakin hari semakin menipis, deposit - deposit timah didalam tanah kita ini semakin berkurang", terangnya.

Untuk itu dikatakan Adet, guna meningkatkan perekonomian daerah, banyak objek Pariwisata yang bisa di andalkan dan disajikan kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke bangka belitung.

"Untuk objek wisata, kita tidak bisa lagi hanya mengandalkan wisata bahari seperti pantai, tapi harus menyajikan wisata lain agar wisatawan tidak jenuh berkunjung ke bangka belitung,"ujarnya.

Tak hanya wisata bahari, menurut Adet Mastur, bahwa budaya, wisata religi dan wisata alam yang ada di bangka belitung harus terus ditonjolkan.

"ada wisata alam yang harus kita tonjolkan seperti gunung, bukit maupun wisata pemandian air panas dan wisata sejarah seperti gunung menumbing, kota kapur dan di daerah gudang ada batu pra sejarah itu wisata sejarah yang harus kita lestarikan ", harapnya.

Iapun berharap agar para generasi muda yang ada dibangka belitung untuk terus melestarikan dan menjaga Keanekaragaman dan kekayaan budaya yang ada dibangka belitung, seperti budaya nganggung.

" Berbicara budaya, ada satu hal yang saya tekankan dimana pun saya berada budaya nganggung. kita bangka belitung terkenal dengan budaya nganggung. tetapi di wilayah kota budaya nganggung ini hampir hilang atau punah dimakan zaman,"pungkasnya. 

 

SumberHumas DPRD Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm