Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar. (huffingtonpost.com)
Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar. (huffingtonpost.com) ( kompas.com)

Keunggulan Penggunaan Nitrogen Dibandingkan Dengan Udara Biasa

28 Juni 2021 16:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika akan mengisi tekanan udara pada ban, pemilik kendaraan akan dihadapkan dengan pilihan untuk menggunakan udara biasa atau nitrogen.

Keduanya punya keunggulannya masing-masing, tapi sebagian orang menganggap penggunaan nitrogen dinilai lebih baik dibandingan dengan mengisi udara biasa.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal mengatakan, ada beberapa keunggulan nitrogen dibandingkan dengan udara.

"Keunggulan pakai nitrogen yang utama yakni mempertahankan tekanan udara ban walau dipakai jarak jauh atau kendaraan disimpan dalam waktu yang cukup lama dan tidak digunakan," kata Zulpata Kepada Kompas.com, Minggu (27/6/2021).

Zulpata juga mengatakan, keunggulan lain dari penggunaan nitrogen dibandingkan dengan menggunakan udara biasa yakni suhu yang lebih stabil, jadi ban tidak mudah panas.

Tapi Zulpata mengatakan untuk penggunaan nitrogen apakah dapat membuat kendaraan lebih irit dan ban jadi lebih awet belum ada pembuktian yang dapat menguatkan pendapat tersebut.

"Kalau penggunaan nitrogen untuk mobil lebih irit atau ban menjadi lebih awet untuk saat ini belum ada pembuktiannya," ucap Zulpata.

Selain itu keunggulan dari penggunaan nitrogen yang lainnya yakni ban terhindar dari karat. Udara yang mengandung air terlalu banyak akan membuat karat muncul terutama bagi yang menggunkakan pelek logam. Karat yang jumlahnya tidak terlalu banyak tapi lama-kelamaan akan merusak pelek.

Keunggulan berikutnya yakni lebih aman digunakan. Perlu diketahui suhu pada nitrogen lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan oksigen, sehingga membuat udara yang ada di dalam ban lebih stabil alias tidak naik turun, dengan demikian maka akan mengurangi resiko meletus akibat kepanasan yang berlebih.

Pemakaian nitrogen juga akan membuat handling kendaraan lebih stabil. Hal ini dikarenakan nitrogen merupakan salah satu unsur yang tidak mudah terkontaminasi dan tidak mudah terpengaruh oleh unsur lainnya.

Sehingga iklim tropis, seperti iklim Indonesia, tidak akan mempengaruhi tekanan udara ban mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keunggulan Penggunaan Nitrogen Dibandingkan Udara Biasa", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/27/185100415/keunggulan-penggunaan-nitrogen-dibandingkan-udara-biasa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm