Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.(theclippingpoint)
Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.(theclippingpoint) ( kompas.com)

Kenali Tanda-tanda Jika Kaca Film Mobil Minta Jajan

28 Juni 2021 17:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa Komponen pada kendaraan umumnya punya batas usia pemakaian, rata-rata usia pemakaian tersebut sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Salah satu komponen mobil yang punya usia pemakaian adalah kaca film. Biasanya, kaca film akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan bila sudah waktunya dilakukan penggantian dengan yang baru.

Usai melakukan penggantian, tentunya kenyamanan dan keamanan saat berkendara pun akan lebih baik bila dibandingkan tetap menggunakan kaca film yang sudah usang.

Presiden Direktur Makko Group Christopher Sebastian mengatakan, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi penanda kerusakan pada kaca film.

Seperti kaca film mulai terlihat kusam, warna yang tak senada lagi, ada bagian yang terkelupas hingga munculnya gelembung udara.

“Tanda kerusakan lainnya adalah warna yang sudah berubah menjadi kebiru-biruan atau juga ungu,” ucap Christopher saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/6/2021).

Bila pemilik mobil sudah mendapati tanda-tanda tersebut, Christopher menyarankan agar segera dilakukan penggantian kaca film. Sebab, bila dibiarkan bisa berbahaya karena pandangan pengemudi menjadi terganggu.

“Pada dasarnya, usia normal pemakaian kaca film bisa dikatakan cukup lama, yakni antara empat sampai lima tahun,” kata dia.

Tapi dengan catatan, pemilik mobil memperlakukan kaca film dengan benar sehingga tetap terjaga keawetannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Tanda-tanda Kaca Film Mobil Minta Jajan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/28/144200415/kenali-tanda-tanda-kaca-film-mobil-minta-jajan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm