Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar (Stanly/KompasOtomotif)
Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar (Stanly/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Salah Kaprah Fungsi Dari Tuas Spion Tengah di Mobil, Ternyata Ini Manfaatnya

28 Juni 2021 18:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Spion tengah atau center mirror punya peran penting untuk memantau kondisi di belakang mobil. Tak heran sejumlah pabrikan menyematkan fitur menarik pada kaca spion bagian ini.

Salah satunya tuas kecil yang berada di bagian bawah spion tengah. Meski terlihat sederhana, masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum mengerti kegunaanya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, fungsi dari tuas kecil pada spion ini untuk membantu meredam cahaya silau dari lampu kendaraan lain dari arah belakang.

"Bila kita berkendara di malam hari, suka ada pengendara di belakang yang gemar memainkan lampu jauh atau high-beam,” ujar Suparna, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Dalam kondisi tertentu itu bisa sangat menggangu kita karena pantulan cahayanya bila masuk kabin dan terpantul kaca spion tengah akan bikin silau," kata dia.

Untuk mengurangi intensitas cahaya atau pantulan lampu dari arah belakang, pengendara bisa mengaktifkan fungsinya dengan menekan tuas kecil tersebut.

Menurut Suparna, hal ini akan membuat pengendara tidak akan merasa silau, terutama saat berkendara pada malam hari.

Ia juga mengatakan, walau keberadaan tuas tersebut terlihat sepele, tapi fungsinya sangat membantu dalam hal keselamatan berkendara.

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

"Tuas ini kebanyakan ada pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah pakai spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah di Mobil, Ternyata Ini Manfaatnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/28/141200515/salah-kaprah-fungsi-tuas-spion-tengah-di-mobil-ternyata-ini-manfaatnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm