( Ist / Mislam)

Gubernur Babel Saksikan Dan Tinjau Penyerahan Bantuan Alat Sortir Lada

30 Juni 2021 15:40 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, menyaksikan secara langsung penyerahan bantuan alat sortir lada, dari Kepala Cabang PT. BGR Pesero Pangkalpian Babel, kepada Kepala Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) lada Puding Besar Kabupaten Bangka dan SRG lada Mangkol Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di Gudang SRG Lada Puding Besar Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka.Rabu(30/06/21).


Usai penyerahan, Gubernur bersama Kepala Cabang PT. BGR dan tamu undangan melakukan peninjauan bantuan alat mesin sortir lada dan melihat secara langsung proses penyortiran lada.
Penyerahan bantuan disaksikan dan di hadiri oleh Staf Khusus Gubernur Babel Bidang Perdagangan dan Logistik Dhani Septiawan, Kepala Cabang PT. Bhanda Ghara Reksa Provinsi Babel, Kepala Disperindag Babel, Kepala Dinas Pertanian Babel, Ketua Koperasi Lada Babel, Ketua BP3L Babel, Kepala KPB Babel, dan Kepala SRG Lada Se Bangka serta pejabat terkait lainnya sebagai bentuk upaya peningakatan mutu dan kualitas lada.


Gubernur dalam sambutannya mengatakan, bantuan alat sortir lada yang diberikan merupakan kerjasama PT. BGR Pangkalpinang bersama Pemprov Babel, dimana fungsi alat tersebut adalah untuk menyortir lada, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kualitas lada, dimana selama ini hanya dilakukan uji mutu lada saja.


Oleh sebab itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada PT. BGR Pangkalpinang Babel atas bantuan dan kerjasamanya dalam mendukung program pemerintahan provinsi Babel, terutama dalam hal peningkatan kualitas dan mutu lada.


" Untuk PT. BGR, saya mengucapkan terima kasih, program bantuan BGR terus berlanjut dan harapanya resi gudang ini sudah di taruh di BGR untuk siap ekspor. Pembinaan resi gudang terus dilakukan. Untuk kepentingan masyarakat jangan pernah menyerah," katanya.


Sementara itu, Dian Priambodo Kepala Cabang PT. BGR Pesero Pangkalpiang Babel dalalm sambutan singkatnya mengharapkan bantuan CSR PT. BGR dapat dimanfaatkan oleh para petani lada, untuk meningkatkan kesejahteraannya.


"pesan pak Dirut mudah-mudahan alat ini bermanfaat dan meningatkan perekonomian petani lada," tuturnya.


Hal yang sama juga diutarakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin resi gudang ini sangat bermanfaat buat para petani lada, karena resi gudang menjadi tempat untuk mengendalikan harga lada dan bantuannya dapat bermanfaat bagi petani lada.

Bantuan alat sortir lada dijelaskan Sekertaris Disperidag Babel Deki Susanto sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas lada Muntok White Pepper serta mendukung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel untuk melakukan pasar lelang komoditi.
Menurutnya dengan adanya alat mesin sortir lada ini nantinya lada yang masuk ke dalam gudang SRG akan dilakukan penyortiran terlebih dahulu, setelah itu baru dilajutkan uji mutu lada untuk menentukan grade ladanya, sehingga kualitas dan muntu lada semakin bagus dan menjadi jaminan buat buyer.
"Selama ini lada yang berada di Gudang SRG hanya melalui uji mutu di BSPMB Babel saja yaitu mulai dari uji kadar air, benda asing dan biji hitam sehinga mengasilkan lada grade satu dan dua. Kita ucapkan terima kasih kepada PT. BGR atas bantuan hibahnya," katanya.
Oleh sebab itu, dengan adanya alat ini dirinya berharap lada yang di titip di Gudang SRG kualitas dan mutunya lebih terjamin dan memenuhi standar nasional.
Penerima bantuan, Kepala SRG Puding Kamsir mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PT. BGR Pangkalpinang, dengan harapan bantuan yang diberikan membawa manfaat buat SRG sebagai sortir lada, sebelum di uji di lab BPSMB Babel.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm