Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier ( Sumber: Youtube)

Deddy Corbuzier dan Mongol Dituntut Oleh Komunitas ODGJ. Apa Sajakah ?

30 Juni 2021 19:17 WIB

SonoraBangka.id - Perhimpunan Jiwa Sehat dan 84 organisasi lainnya menyampaikan teguran kepada Deddy Corbuzier dan Mongol atas ucapannya yang tayang di Youtube ini.

Ya, kedua orang ini disomasi karena penyampaian disinformasi dan sikap diskriminatif pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berkaitan dengan penyebaran Covid-19.

Pelawak tunggal, Mongol Stres tampil sebagai bintang tamu dalam podcast mantan mentalis ini yang berjudul ORANG GILA BEBAS COVID??????.

Dalam video berdurasi 23 menit itu, keduanya berbincang soal ODGJ yang bebas dari infeksi Virus Corona.

Percakapan keduanya dianggap sebagai penyesatan informasi, data, dan fakta mengenai ODGJ.

Selain itu, mereka juga dinilai mencemooh komunitas penyandang disabilitas ini dan cenderung merendahkan.

Karena popularitas keduanya, dikhawatirkan sikap dan kata-katanya akan berkontribusi secara signifikan untuk melanggengkan stigma negatif yang selama ini masih bertahan di masyarakat.

Somasi tersebut bukan hanya sekedar teguran secara tertulis dari berbagai organisasi dan komunitas sipil saja.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm