Ilustrasi vitamin C
Ilustrasi vitamin C ( (SHUTTERSTOCK/Pixelbliss))

kebutuhan atau dosis vitamin C per hari,dan Efeknya Jika Berlebihan

1 Juli 2021 10:30 WIB


Bangkasonora.ID - Manfaat vitamin C yang cukup penting salah satunya yakni menjaga daya tahan tubuh. Tak pelak, ketika musim penyakit tiba, banyak orang berburu suplemen vitamin C agar tak gampang sakit.

Padahal, kemampuan tubuh melawan infeksi virus atau bakteri tak cuma bergantung pada nutrisi tertentu seperti vitamin C.

Ada juga peran vitamin A, B6, B12, D, E, folat, zinc, besi, tembaga, selenium, dan magnesium.

Sistem daya tahan tubuh sangat tergantung pada kecukupan nutrisi di atas, kebugaran fisik, dan kemampuan sel saat menangkal penyakit.

Sebelum Anda sembarangan minum vitamin C dosis tinggi tanpa petunjuk dari dokter, pahami dulu kebutuhan dosis vitamin C per hari.

Dosis vitamin C per hari

Berapa miligram vitamin C yang diperlukan dalam sehari perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan seseorang.

Mengutip dari Peraturan Menteri Kesehatan No. 28/2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia, kebutuhan atau dosis vitamin C per hari yakni:

Bayi 0 – 5 bulan: 40 miligram

Bayi 6 – 11 bulan: 50 miligram

SumberKompas Health
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm