Addie MS
Addie MS ( TRIBUNNEWS.com/ Fauzi Nur Alamsyah)

Addie MS Sedih Lihat Banyak Musisi Gantungkan Alat Musik

6 Juli 2021 16:19 WIB

SonoraBangka.ID - Komposer Addie Muljadi Sumaatmadja atau yang lebih dikenal dengan Addie MS berpendapat soal nasib musisi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Pekerjaan musisi baik di atas panggung maupun di belakang panggung sangat terdampak akibat pandemi Covid-19 yang telah satu setengah tahun menyelimuti Indonesia.

Namun tak semua bisa berjuang melewati masa-masa sulit ini.

"Jadi yang dibelakang layar ini alhamdulillah masih bisa beraktivitas meskipun ada yang berkurang ataupun bertambah," ucap Addie MS saat wawancara ekslusif dengan Tribunnews, Senin (5/7/2021).

Di balik semua itu, ia merasa sedih dan prihatin atas nabis para penampil seperti orkestra yang harus memikirkan hidupnya ditengah pandemi Covid-19.

Hal itu juga terjadi akibat kurangnya intelektual dalam mengatur keungan untuk bisa terus bertahan di era pandemi Covid-19 ini.

"Tapi yang jelas, yang di panggung mau itu pemain orkes atau pianis, itu sangat memprihatinkan, aku sedih dan selalu memikirkan mereka, banyak polanya hidup untuk hari ini atau sebulan ini," ungkapnya.

Banyak juga para musisi yang menyerah dan menyebut jika profesi musisi ke depan sudah tidak lagi relevan, karena tidak ada yang tau kapan pandemi Covid-19 berakhir.

Akibatnya tak sedikit musisi yang gantung alat musiknya dan mencari pekerjaan lain untuk terus bisa mengasapi dapur mereka.

"Karena gada relevan lagi akhirnya banyak dari mereka gantung biola ganti pekerjaan lain sedih banget, padahal untuk bisa kelevel itu mengorbankan waktu," ungkapnya.

Meskipun ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19, ayah dari Kevin Aprilio ini akan terus berjuang dan menjaga api semangat untuk terus berkreativitas serta membantu para musisi yang terdampak pandemi.

"Kalau satmya satu harus survive untuk menafkahi itu pasti, tapi juga harus menyalakan api kreativitas dan terus dijaga," ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Addie MS Sedih Lihat Banyak Musisi Gantungkan Alat Musik, Cari Pekerjaan Lain Saat Pandemi Covid-19, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/07/06/addie-ms-sedih-lihat-banyak-musisi-gantungkan-alat-musik-cari-pekerjaan-lain-saat-pandemi-covid-19.

Sumbertribunnews.co.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm