Ilustrasi penggunaan masker.
Ilustrasi penggunaan masker. ( HAI Online)

Bolehkah Masker KN95 Dipakai Berulang-ulang? Ini Penjelasan Dokter

7 Juli 2021 09:30 WIB

SonoraBangka.ID

 Perbincangan mengenai masker jenis KN95 yang bisa digunakan secara berulang ramai jadi topik pembicaraan netizen Indonesia. 

Hal itu bermula dari cuitan dokter spesialis penyakit menular dan pengobatan dalam dari University of Maryland Upper Chesapeake Health (UM UCH) tentang cara penggunaan kembali masker KN95, Minggu (4/7/2021) kemarin.

Dalam twit itu dijelaskan bahwa masker KN95 yang sudah dipakai seharian bisa disimpan di kantung kertas coklat selama seharian juga.

Saat disimpan, kita dapat menggunakan masker KN95 yang baru dan jika sudah dipakai, bisa melakukan tindakan penyimpanan kembali di dalam kantung kertas coklat tersebut secara bergantian. 

Menurut Faheem, tindakan ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi harga masker KN95 yang dinilai mahal. 

 "Masker KN95 Mahal. Bagaimana Cara Menggunakannya Kembali? Beli dua KN95. Simpan satu di kantong kertas cokelat, gunakan yang lain untuk sehari. Kemudian beralih. Terus bergantian selama mereka pas dan digunakan oleh orang yang sama. Dua KN95 dapat bertahan > bulan," tulis Faheem dalam twitnya. 

Hingga Selasa (6/7/2021), unggahan itu sudah di-retwit sebanyak 4.241 kali dan disukai sebanyak 9.942 kali oleh pengguna Twitter lainnya. 

Nggak direkomendasikan 

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 RS UNS, dr Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, penggunaan masker yang berulang-ulang bisa dilakukan hanya dalam keadaan terpaksa. 

Selain itu, Tonang juga menyebut, tindakan pemakaian masker berulang-ulang nggak direkomendasikan.  

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm