Ilustrasi tuas kopling motor (Stanly/Otomania)
Ilustrasi tuas kopling motor (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Deretan Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengendara Motor Kopling

8 Juli 2021 19:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Kesalahan dalam mengendarai sepeda motor kopling tak hanya dilakukan oleh pengendara pemula saja. Tetapi yang sudah terbiasa pun kadang-kadang masih banyak kesalahannya.

Kesalahan yang dilakukan tidak hanya bisa memperpendek usia komponen kendaraan, tapi juga bisa membahayakan pengendara.

Jangan sampai seperti pengendara motor dalam unggahan akun instagram @agoez_bandz4, Rabu (7/7/2021). Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara yang lalai dalam mengoperasikan dan kurang mengusai karakter sepeda motor.

Alhasil, pengendara motor tersebut kehilangan kendali hingga menabrak beberapa motor yang sedang parkir di sebuah gang sempit.

Menanggapi kejadian tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor kopling.

Berikut tiga kesalahan yang sering dilakukan pengendara motor kopling:

1. Jari menempel di tuas kopling

Kebiasaan ini seolah sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh pengendara motor kopling.

Padahal, bila hal itu terus dilakukan akan berdampak pada usia komponen kendaraan terutama kampas kopling.

“Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pengendara motor kopling adalah ketika motor berjalan jari tangan mereka selalu standby pada tuas kopling,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm