( Ist)

Wagub Abdul Fatah Prihatin Tingginya Perkawinan Usia Dini

9 Juli 2021 09:53 WIB

SonoraBangka.id -Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah menyoroti kondisi terjadinya perkawinan usia dini yang cukup banyak sehingga, hal ini menjadi perhatian Pemprov. Babel. Pasalnya usia perkawinan yang terjadi saat ini menjadi semakin muda, yang akan berdampak kepada berbagai aspek di antaranya adalah permasalahan kasus stunting yang angkanya pada saat ini masih cukup tinggi.

Bayi di bawah 2 tahun yang terkena stunting akan memiliki tingkat kecerdasan yang tidak maksimal. Menjadikan anak rentan terhadap penyakit, dan di masa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktivitas. Sehingga pada umumnya stunting dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatnya kemiskinan, dan memperlebar ketimpangan.

"Kalau dulu, perkawinan usia dini berlangsung pada usia 15-19 tahun. Sekarang usia 10 hingga 19 tahun sudah menikah dan memiliki anak. Hal ini patut kita waspadai,” tegas Wagub Abdul Fatah beberapa hari lalu.

Oleh karena itu, Pemprov. Babel bermaksud untuk mencegah terjadinya perkawinan di usia anak. Mengingat usia ideal menikah yang ditentukan oleh BKKBN bagi pria 25 tahun dan wanita 21 tahun.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov. Babel yaitu dengan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Babel untuk memberikan bimbingan teknis kepada para calon pengantin mengenai hidup berkeluarga, yang diharapkan akan efektif untuk mengurangi tingkat pernikahan di usia dini.

“Bimbingan teknis diberikan selama 16-19 hari. Setelah mereka mengikuti bimbingan teknis tersebut, mereka akan dinilai apakah layak untuk menikah,” terang Abdul Fatah.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm