Desain helm Valentino Rossi untuk MotoGP 2021 dengan motif Soleluna terbaru (Dok. AGV)
Desain helm Valentino Rossi untuk MotoGP 2021 dengan motif Soleluna terbaru (Dok. AGV) ( kompas.com)

9 Merek Helm Para Pebalap MotoGP, Ada Helm Buatan Asal Indonesia

11 Juli 2021 19:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Balap MotoGP tak hanya menyajikan persaingan para pebalap di lintasan. Namun juga pertarungan pabrikan motor dan apparel yaitu helm dan baju balap.

Persaingan helm bahkan cukup sengit. Selain sebagai pelindung kepala, helm bisa jadi indentitas atau ciri khas. Seperti Valentino Rossi yang sering berganti desain helm disesuaikan dengan sirkuit.

Saat ini di MotoGP ada sembilan merek helm yang dipakai oleh pebalap. Salah satunya ialah merek asal Indonesia, KYT yang dipakai pebalap Aprilia Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori.

Sebelumnya bahkan ada dua merek helm asal Indonesia yaitu KYT dan NHK. Merek NHK dipakai pebalap Avintia Ducati yaitu Karel Abraham dan Tito Rabat.

1. AGV (Pista GP R)

Musim 2021 helm AGV dipakai oleh Valentino Rossi, Franco Morbidelli, Joan Mir, Jack Miller dan Luca Marini.

AGV didirikan pada 1947 oleh Amisano Gino. Nama AGV merupakan singkatan Amisano Gino Valenza. Nama Amisano dari sang pendiri dan Valenza tempat perusahaan didirikan.

Logo AGV sangat mudah dikenali karena punya latar belakang bendera Italia yaitu mereh putih hijau.

Saat baru berdiri AGV belum membuat helm. AGV awalnya membuat jok kulit untuk motor, dan baru membuat helm pada 1954.

2. Shoei (X14)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm