Salah satu contoh pelek replika merek Momo. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Salah satu contoh pelek replika merek Momo. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Apa Pengertian Dari Pelek Replika dan TW?

12 Juli 2021 20:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu bagian yang paling kerap dimodifikasi ialah pelek. Cukup dengan menganti pelek tampilan mobil bisa berubah drastis.

Di pasar ada beberapa pilihan pelek yang tersedia, yaitu pelek orisinal atau biasa disebut pelek ori, kemudian ada juga pelek replika dan pelek TW.

Pengertian pelek replika merupakan pelek yang diproduksi semirip mungkin dengan pelek aslinya, mulai dari model, logo, sampai nama pelek itu sendiri.

Adapun pelek TW sebutan lain dari pelek replika, artinya sama yakni tiruan. Kata TW merupakan singkatan dari Taiwan, yang memang dikenal sebagai negara produsen pelek replika.

Direktur Marketing HSR Wheel Hendra Wijaya, mengatakan, ada dua faktor yang menjadi pembeda antara pelek replika dan orisinal. Biasanya dari harga dan kualitas.

“Pelek replika biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan pelek orisinalnya. Pelek orisinal harganya pasti lebih tinggi karena melibatkan banyak proses," katanya dalam rilis resmi, Minggu (11/7/2021).

Harga lebih mahal karena prosesnya mencakup konsep desain, riset bahan, pengujian kekuatan, hingga proses produksi. Tahap-tahap ini sangat memakan waktu dan biaya.

"Sedangkan replika hanya menduplikasi desain pelek orisinal dan diproduksi kembali dengan metode casting agar menekan harga yang lebih murah,” ucap Hendra.

Faktor kedua adalah sisi kualitas. Demi menekan biaya, biasanya pelek replika cenderung kompromi di bahan, metode produksi, quality control, dan pengerjaan akhir kurang rapi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa yang Dimaksud Pelek Replika dan TW?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/12/071200515/apa-yang-dimaksud-pelek-replika-dan-tw-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm