Ilustrasi
Ilustrasi ( AFP/Nhac Nguyen )

Apa Benar Lewat DNA Seseorang, Kepuasan Pernikahan Bisa Terungkap ?

13 Juli 2021 14:04 WIB

SonoraBangka.id - Membina sebuah pernikahan yang harmonis memang tidak diciptakan sendiri, melainkan berdua bersama pasangan.

Namun, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa variasi DNA seseorang bisa berdampak pada kemampuan seseorang memiliki rasa syukur dan kepuasaan dalam kehidupan pernikahan.

Menurut profesor psikologi dari University of Arkansas sekaligus penulis utama studi, Anastasia Makhanova, setelah menikah, kebanyakan orang berharap tetap merasakan kepuasan dalam pernikahan mereka selamanya.

Namun, hal itu tak mudah untuk direalisasikan. "Mempertahankan tingkat kepuasan yang tinggi dalam suatu hubungan untuk waktu yang lama itu sulit," katanya, seperti dilansir New York Post.

Penurunan kepuasan dalam hubungan pernikahan seiring berjalannya waktu adalah hal yang biasa dalam kebanyakan hubungan.

Menurut terapis hubungan senior, Rachel Sussman, beberapa masalah umumnya antara lain terkait dengan keuangan, perubahan dinamika dalam keluarga dan bahkan stres yang mengakar pada situasi pandemi.

Namun, studi yang dilakukan Makhanova mengungkapkan, beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk secara intuitif merasa lebih bersyukur dengan pasangan mereka, lebih mempercayai pasangan mereka dan menikmati kepuasan jangka panjang dalam pernikahan mereka daripada pasangan lain.

Mengapa demikian?

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm