Ilustrasi vitamin c
Ilustrasi vitamin c ( firina)

Dari Bahan Alami, Berikut Ini 4 Jenis Vitamin Penting Saat Isoman

13 Juli 2021 15:25 WIB

SonoraBangka.id - Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat terinfeksi Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (Isoman), adalah bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh bukan hanya makan cukup, tetapi memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang.

Termasuk memerhatikan asupan vitamin dan mineral. Spesialis Gizi Klinik, dr M Ingrid Budiman, SpGK mengatakan, sering kali orang fokus pada suplemen.

Padahal, vitamin bisa didapatkan dari bahan makanan alami yang ada di sekitar kita. "Vitamin tidak harus suplemen.

Sebenarnya banyak makanan sumber vitamin, terutama kita harapkan dari makanan dulu.

Kalau kurang baru ditambah suplemen. Suplemen kan tambahan." Demikian diungkapkan Ingrid dalam Live Instagram bertajuk "Makanan Bergizi yang Tepat untuk Pasien Isolasi Mandiri" bersama dari Bethsaida Hospital dan Living World Alam Sutera, Jumat (9/7/2021).

Ingrid menjelaskan, sebetulnya semua zat gizi penting untuk tubuh kita dan berperan terhadap sistem kekebalan tubuh.

Namun, jika ingin dipilih vitamin dan mineral yang paling berperan adalah vitamin A, C, D, dan E, serta mineral zinc (seng). Tak perlu membeli suplemen, kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin A, C, D, dan E dari makanan alami berikut:

1. Vitamin A

Vitamin A bisa didapatkan dari sumber hewani maupun nabati, seperti kuning telur, daging, hati, ikan tuna, labu kuning, bayam, melon, selada, wortel, paprika, hingga ubi jalar. "Yang paling tinggi (kandungan vitamin A) ubi jalar," kata Ingrid.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm