Google Meet
Google Meet ( IST)

Fitur Panggilan Video Google Meet kini dibatasi selama 60 menit.

15 Juli 2021 09:32 WIB

Bangkasonora.ID - Google memastikan fitur panggilan video Google Meet kini tak lagi gratis dan dibatasi selama 60 menit. Sebagai catatan, pembatasan video call ini hanya berlaku untuk panggilan grup yang melibatkan tiga orang atau lebih. Untuk video call dua orang, pembatasan ini tidak berlaku.

"Saat menit 55, semua orang akan mendapatkan notifikasi bahwa panggilan akan berakhir. Untuk memperpanjang, host mesti upgrade akun mereka. Jika tidak, panggilan akan berakhir pada menit ke-60," kata Google, dikutip dari NDTV.

Sebelumnya, Google Meet bisa dinikmati semua pengguna secara gratis tanpa perlu berlangganan. Aplikasi ini dikenalkan Google untuk semua pengguna pada April 2020 lalu, tak lagi terbatas untuk pelanggan Enterprise atau Education.

Selanjutnya pemberlakuan pembatasan kembali diperpanjang hingga 30 Juni kemarin. Penundaan pembatasan panggilan ini disebabkan lantaran dunia masih dilanda pandemi Covid-19.

 

Untuk berlangganan akun Google, Ansa membayar 9,99 dolar AS atau Rp 145.000 per bulan. Namun, Google menerapkan diskon 20 persen menjadi 7,99 dolar AS atau Rp 116.000 per bulan hingga Januari 2022.

Penawaran akun berbayar GoogleGoogle Workspace (sebelumnya G Suite), memiliki banyak tingkatan. Tingkat terendah Google Workspace—US$ 6 (Rp 87 ribu) per pengguna, per bulan tingkat "Pemula Bisnis". Kemudian ada tingkat "Standar Bisnis" US$ 12 (Rp 174 ribu) per pengguna, per bulan bisa hingga 150 peserta panggilan, dan ada fitur tambahan seperti pembatalan bising, angkat tangan, ruang kerja kelompok, dan rekaman rapat seperti dilansir Are Technica.

Dan tingkat tertinggi ada "Business Plus" US$ 18 (Rp 261 ribu) dari Workspace menambahkan pelacakan kehadiran dan batas 250 peserta.

Namun, layanan gratis Google Meet lebih lama dibandingkan aplikasi pesaingnya Zoom, yang membatasi 100 peserta dalam rapat 40 menit. Sementara Microsoft Teams juga menetapkan batas 100 orang, 60 menit untuk pengguna gratis.

Artikel ini sudah tayang di https://infokomputer.grid.id/

Sumberinfokomputer.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm