Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah (Arif Nugrahadi)
Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah (Arif Nugrahadi) ( kompas.com)

Program Vaksinasi Gratis Kemenhub Mulai Berjalan di Terminal Tipe A

16 Juli 2021 21:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan program vaksinasi gratis bagi mitra darat, Kamis (15/7/2021). Program ini dilakukan di 12 lokasi Terminal Tipe A yang ada di Pulau Jawa.

Seperti dijelaskan sebelumnya, progam vaksinasi gratis diberikan bagi awak bus, agen, tenat yang ada di terminal, serta sopir angkutan perkotaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk kebutuhan vaksinasi dengan target mencapai 10.000 dosis vaksin.

"Saat ini sedang kami siapkan program vaksinasi dengan tim vaksinator dari BKKBN. Kami menargetkan mitra perhubungan yang akan divaksinasi mencapai 10.000 orang, hingga saat ini ada 7.173 peserta yang sudah terdaftar," ujar Budi dalam keterangan resminya, Kamis (15/7/2021).

Pada tahap awal, pemberian vaksin gratis bagi pengemudi bus, kondektur dan mitra lainnya dimulai dari dua terminal di Jawa Barat, yakni Guntur dan Indihiang.

Untuk Terminal Guntur yang berada di Garut, Kemenhub memberikan 340 dosis vaksin. Sementara di Terminal Indihiang Tasikmalaya, sebanyak 320 vaksin.

"Untuk Terminal Leuwipanjan akan dilakukan 16 Juli 2021," kata Budi.

Sementara terminal Tipe A lainnya, mulai dari Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Budi mengakta sudah dikoordinasikan masing-masing Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPDT) kepada Dinas Kesehatan.

Tapi secara kondisi pada masing-masing Dinas Kesehatan di provinsi, kota, dan kabupaten memang belum tersedia vaksin. Dengan demikian, proses pelaksanaannya masih menunggu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vaksinasi Gratis Kemenhub Mulai Berjalan di Terminal Tipe A", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/16/173100415/vaksinasi-gratis-kemenhub-mulai-berjalan-di-terminal-tipe-a.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm