satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.(Ghulam/Otomania)
satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.(Ghulam/Otomania) ( kompas.com)

Ini Komponen Sistem Transmisi yang Dinilai Rawan Rusak

17 Juli 2021 22:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil bertransmisi manual sering dianggap punya tingkat keawetan komponen yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil matik.

Walau begitu, bukan berarti perawatan mobil transmisi manual bisa diabaikan. Sebab setiap komponennya juga punya usia pakainya tersendiri dan harus diganti bila kerjanya sudah tidak lagi optimal.

Di samping perawatan mobil terkait, perilaku atau sikap berkendara juga berpengaruh terhadap tingkat keawetan masing-masing komponen dalam mobil transmisi manual.

Secara garis besar, ada tiga komponen pada mobil transmisi manual yang dinilai rawan rusak. Yang pertama adalah kampas kopling. Kampas kopling jadi salah satu bagian dalam sistem transmisi yang menyalurkan tenaga dari mesin ke bagian penggerak roda mobil.

Ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak menuturkan bahwa usia rata-rata kampas kopling sekitar 80.000 kilometer.

“Masa pemakaian kampas kopling ini juga tergantung pada penggunaannya, ada yang kurang dari itu sudah harus diganti,” ungkap Suparna.

Ia menjelaskan bila kampas kopling sudah aus maka akan berpengaruh terhadap perpindahan gigi transmisi. Umumnya proses perpindahan gigi akan terasa lebih sulit.

Komponen yang kedua ialah cover kopling. Biasanya usia pakai cover ini sama dengan kampas kopling. Oleh karena itu, ketika melakukan penggantian kampas kopling disarankan turut mengganti cover koplingnya secara sepaket.

Suparna mengatakan, apabila penggantian kampas kopling tidak dibarengi dengan penggantian cover kopling, risikonya usia pakai kampas kopling akan lebih pendek dari biasanya.

Ini disebabkan kondisi cover kopling yang lama sudah tidak rata. Hal tersebut yang menyebabkan kopling mudah rusak meskipun kampas sudah diganti dengan yang baru.

Lalu komponen yang ketiga adalah release bearing. Komponen ini merupakan bagian kecil yang ada pada perangkat cover kopling. Bila release bearing rusak, maka akan berpengaruh pada proses perpindahan transmisi.

Dalam kesempatan yang berbeda, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika release bearing rusak, akibatnya adalah perpindahan gigi transmisi jadi lebih sulit.

“Selain kampas kopling dan cover kopling, komponen mobil manual yang rawan rusak adalah release bearing. Ini berpengaruh saat perpindahan gigi transmisi,” kata Didi menjelaskan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Komponen Sistem Transmisi yang Rawan Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/16/191200515/ini-komponen-sistem-transmisi-yang-rawan-rusak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm