Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April (dok BBC Indonesia)
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April (dok BBC Indonesia) ( kompas.com)

Pembangunan Sirkuit Mandalika Terkesan Lama, Ini Kata MGPA

19 Juli 2021 19:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Pekerjaan konstruksi pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, dilaporkan sudah mencapai 80 persen. Saat ini pengembang terus menggenjot penyelesaian.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akhirnya buka suara, menjawab banyak pertanyaan soal mengapa pembangunan sirkuit terkesan lama. 

Dalam postingan resmi, pihak MGPA mengatakan bahwa pekerjaan konstruksi bukan hanya soal kecepatan namun juga kualitas pengerjaan yang dilakukan.

"Okay jadi begini, ada banyak banget pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika yang harus selesai tepat sesuai dengan target," tulis MGPA dikutip Kompas.com, Senin (19/7/2021).

"Bukan cuma harus mencapai target, tapi kualitas pekerjaan harus betul-betul sesuai standard requirements dari FIM," tulisnya.

Hingga pertengahan Juli 2021, ada enam dari delapan pekerjaan khusus trek yang sudah hampir selesai 100 persen.

"Pertengahan Juli ini progress kumulatif pekerjaan konstruksi sudah mencapai 81,42 persen, dengan pekerjaan yang hampir 100 persen selesai antara lain run-off gravel (99 persen), run-off grass (95 persen), tunnel & retaining wall utara (98 persen), outer & inner service road (95 persen) dan pemasangan concrete barrier (99 persen)," katanya.

Adapun pekerjaan lain juga tetap jalan berdampingan seperti pengerjaan aspal dan track lane yang ditargetkan selesai akhir Juli 2021.

"Bukan cuma pekerjaan trek, tapi infrastruktur pendukung event pun sedang dikerjakan seperti race control yang mencapai 74 persen dan pekerjaan medical center modular yang dalam tahap penyelesaian," katanya.

Melihat kemajuan tersebut, secara implisit pihak MGPA mengatakan semua sudah terukur dan berjalan sesuai rencana.

"Secepat itu dong, jadi semua tetap butuh proses yaa, apalagi Sirkuit ini bakal jadi Sirkuit grade A yang mantep banget keamanan, kenyamanan dan fasilitasnya," tulisnya.

Hingga kini, Sirkuit Mandalika masih tercatat atau masuk dalam kalender balap WorldSBK 2021. Rencananya, balapan akan digelar pada 12-14 November 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Sirkuit Mandalika Disebut Lamban, Ini Kata MGPA", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/19/142100615/pembangunan-sirkuit-mandalika-disebut-lamban-ini-kata-mgpa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm