Dewa Budjana
Dewa Budjana ( TRIBUNNEWS.com/Mohammad Alivio Mubarak Junior)

Dewa Budjana Rilis Album Naurora

20 Juli 2021 15:23 WIB

SonoraBangka.ID - Gitaris I Dewa Gede Budjana atau akrab dipanggil Dewa Budjana merilis album barunya bertajuk Naurora.

Meski meluncurkan album di tengah pandemi Covid-19, hal tersebut tidak membuat pria kelahiran tahun 1963, ini berhenti menyajikan mahakarya dari sentuhan petikan gitar miliknya.

Menurut, Dewa, album Naurora ini merupakan ungkapan harapan di masa-masa sulit pandemi Covid-19 ini, layaknya papatah habis gelap terbitlah terang.

"Kenapa judulnya Naurora, jadi new dan aurora, kurang lebih bermakna ragam cahaya yang baru," kata Dewa saat jumpa pers virtual, Senin (19/7/2021).

Selain itu, terbentuknya album Naurora ini terasa berbeda bagi Dewa, lantaran ia menyicil lagunya satu-satu hingga menjadi kesatuan sebuah album.

Kebiasaan itu pun yang membuat perbedaan dari album Budjana sebelumnya, yang selalu dilakukan dengan cara live recording bersama dalam satu ruangan.

Proses rekaman Naurora dimulai sejak Agustus 2020. Lantaran situasi pandemi maka semua rekaman dilakukan dengan cara remote dan bertahap, dan setiap lagu melibatkan personel yang berbeda-beda.

"Biasanya keluar album langsung semua dengan digitalnya, kali ini tiga single, dan tambah 2 lagu lalu jadi album," ujar Dewa.

"Kalau ini jadi bertahap satu lagu dulu kirim, beda sama sebelumnya langsung buat full album," katanya lagi.

Kendati demikian, lima komposisi yang ada di album Naurora adalah kosmik warna-warna yang Budjana rasakan dan terlahir dari interpretasi akan situasi kondisi alam saat ini. Lewat melodi dan harmoni.

3 (tiga) lagu dalam bentuk single sudah dirilis mulai akhir tahun lalu: Oktober 2020 (Kmalasana), Desember 2020 (Blue Mansion), menyusul Maret 2021 (Swarna Jingga) dan kali ini dalam bentuk album penuh dengan penambahan 2 (dua) lagu yang berjudul Sabana Shanti dan Naurora.

Sebagai tambahan, album Naurora ini melibatkan musisi-musisi kelas dunia, beberapa di antaranya yaitu Simon Phillips (drummer Toto, The Who, Mick Jagger, Judast Priest, Jeff Beck), Dave Weckl (drummer Chic Corea electric band, Mike Stern) serta Jimmy Johnson (session bassist James Taylor, Allan Holdsworth), dan masih banyak lagi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Rilis Album Naurora, Dewa Budjana: Terbit Cahaya setelah Masa Gelap Pandemi Ini, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/07/19/rilis-album-naurora-dewa-budjana-terbit-cahaya-setelah-masa-gelap-pandemi-ini.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm