Jin Jong-oh (kanan) akhirnya meminta maaf setelah dirinya menyebut petembak asal Iran, Javad Foroughi sebagai teroris.
Jin Jong-oh (kanan) akhirnya meminta maaf setelah dirinya menyebut petembak asal Iran, Javad Foroughi sebagai teroris. ( HAI Online)

Penembak Iran Disebut sebagai Teroris, Atlet Korea Selatan Jin Jong-Oh Meminta Maaf

2 Agustus 2021 14:10 WIB

SonoraBangka.ID

Atlet asal Korea Selatan, Jin Hong-oh akhirnya mengungkapkan permintaan maafnya setelah menyebut lawannya yang berasal dari Iran, Javad Foroughi sebagai teroris

Pada cabang olahraga menembak di Olimpiade Tokyo 2020 ini sendiri, Javad Foroughi sukses meraih medali emas di nomor 10 meter air pistol, mengalahkan Damir Mikec (Serbia) dan Wei Pang (China). 

Meski begitu, raihan Foroughi ini ditanggapi sinis oleh Jin Jong-oh, peraih empat medali emas sepanjang partisipasinya di Olimpiade. 

"Bagaimana bisa teroris memenangkan emas? Hal paling konyol dan membingungkan," ucap Jin kepada reporter di Bandara Seoul, dikutip Korea Times.

Bahkan pada Minggu (1/8/2021), netizen Indonesia membanjiri linimasa Twitter dengan hashtag 'SouthKoreaRacist'. Mereka juga menyindir, protes atas kebencian terhadap warga Asia atau kampanye 'Stop Asian Hate' yang kerap digaungkan Negara Ginseng tersebut nggak sesuai dengan tindakan warganya sendiri.  

Ucapan Jin kepada atlet asal Iran tersebut mengacu kepada temuan bahwa Foroughi merupakan anggota Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), sayap militer elite di Iran. 

FYI, Garda Revolusi adalah pasukan elite yang membawa misi rahasia hingga keluar negara, dan mempunyai posisi penting di dalam negerinya—yang pada 2019 dikelompokkan Amerika Serikat (AS) ke sebagai organisasi teroris.

Nah, ucapan Jin Jong-oh kepada Javad Forough tersebut dilontarkan setelah sebelumnya United for Navid—sebuah kelompok yang dirikan setelah Navid Afkari, seorang pegulat Iran dieksekusi mati di Shiraz karena dituduh membunuh aparat saat demonstrasi 2018 lalu, memprotes keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengizinkan Forough berkompetisi.

"Pemberian medali emas kepada Javad Forough tidak hanya bencana untuk olahraga Iran, tetapi juga dunia, terutama IOC," protes United for Navid. 

Mendengar komentar Jin tersebut, Kedutaan Iran di Korea Selatan pun memohon agar cacian kepada Foroughi dihentikan. 

Dalam rilisnya, Kedubes Iran menyatakan IRGC sudah melindungi negara dan merupakan militer resmi "Negeri Para Mullah". 

Jin sendiri dalam media sosialnya menyampaikan permintaan maaf karena sudah berkomentar nggak pantas kepada Foroughi. 

 "Saya meminta maaf kepada Foroughi. Saya menghormati juara Olimpiade," kata Jin Jong-oh dalam unggahannya Sabtu (31/7/2021) diwartakan Korea Times.

Dia mengaku salah karena pernyataannya sampai menuai kontroversi, dan nggak memilih setiap kata dengan hati-hati. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm