ilustrasi kue cucur yang sedang ditiriskan.
ilustrasi kue cucur yang sedang ditiriskan. ( SHUTTERSTOCK/Wisnu Tri Prabowo)

Agar Lembut Dan Mengembang Sempurna, Berikut Tips Goreng Kue Cucur

8 Agustus 2021 16:03 WIB

SonoraBangka.id - Kue cucur merupakan kue khas Indonesia yang berbentuk bulat dan umumnya berwarna cokelat. Bagian tengah kue cucur memiliki tekstur yang lembut dan bersarang, sedangkan pinggiran kue cucur biasanya sedikit keras dan keriting. Untuk mendapatkan bentuk dan tekstur kue cucur tersebut, kamu bisa mengikuti empat cara menggoreng kue cucur yang dibagikan oleh Excecutive Chef Hotel Pullman Bandung Himawan Kristianto berikut ini.

1. Pakai wajan berukuran sedang

Jika ingin menghasilkan bentuk dan tekstur kue cucur yang sempurna, sebaiknya masak kue cucur menggunakan wajan berukuran sedang. "Kue cucur tidak bisa dimasak pakai teflon, kue cucur pasti harus dimasak di wajan," kata Kris kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

2. Gunakan minyak secukupnya

Meski termasuk kue yang digoreng, Kris mengatakan, kue cucur tidak memerlukan banyak minyak untuk dimasak. "Minyak untuk menggoreng kue cucur ya tidak terlalu banyak tetapi tidak terlalu sedikit juga. Kayak goreng telur tetapi tambah sedikit lagi minyaknya," tutur Kris.

3. Goreng kue cucur satu per satu

Setelah minyak sudah panas, kamu bisa masukkan adonan kue cucur ke bagian tengah wajan. Jangan masukkan banyak adonan kue cucur ke dalam minyak. Cukup masukkan satu centong adonan kue cucur dan masak hingga matang. "Kita letakkan adonan kue cucur di tengah wajan, tidak perlu digoyang-goyang, nanti dia langsung menyebar dan membentuk keritingnya itu sendiri," kata Kris.

4. Balik kue cucur satu kali

Jika ingin menghasilkan kue cucur yang mengembang, cukup balik kue cucur sebanyak satu kali selama proses menggoreng. "Kalau goreng donat itu kan cukup sekali, nah itu sama seperti kue cucur, cukup balik satu kali saja," ujar Kris. Kamu bisa meletakkan adonan kue cucur di tengah minyak panas hingga setengah matang, lalu balik kue cucur sebentar hingga matang sempurna. Kris mengatakan, kue cucur yang dibalik satu kali berfungsi untuk mematangkan bagian tengahnya. "Sebenarnya kalau kue cucur itu dari bagian pinggir hampir ke bagian tengah itu sudah matang karena terendam minyak," ujar Kris.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Goreng Kue Cucur agar Lembut dan Mengembang Sempurna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/08/140600775/4-cara-goreng-kue-cucur-agar-lembut-dan-mengembang-sempurna?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm