BTS
BTS ( TRIBUNNEWS.com)

Fakta Yang Membuat BTS Menjadi Sangat Populer di Dunia

10 Agustus 2021 15:35 WIB

SonoraBangka.ID - Bangtan Boys atau BTS merupakan boy group asal Korea Selatan paling populer di dunia. Mereka menuai prestasi lewat lagu-lagunya.

Lagu "Dynamite" milik mereka misalnya, mampu bertahan selama tiga minggu di puncak tangga lagu di beberapa negara di dunia, termasuk Billboard Hot 100.

Single Butter" bahkan lebih istimewa, karena mampu bertahan selama tujuh minggu berturut-turut di chart Billboard.

Penggemar mereka yang disebut ARMY juga ada di mana-mana, tak terkecuali Indonesia.

Merekalah yang beberapa waktu lalu bikin ribuan pengemudi ojol antre di gerai McDonalds, untuk meladeni pesanan BTS Meal.  

Pertanyaannya, apa yang membuat BTS menjadi sangat populer di dunia? Dian Rakhmawati S. dari BIP membuat ulasan tentang itu. 

1. Selalu bekerja keras

Ketika dunia mengalami kelambatan karena pandemik, hal ini tidak berlaku bagi BTS. Serangkaian jadwal yang padat selalu menghiasi hari-hari mereka.

Mereka mengaku pulang ke rumah hanya pada saat tidur. Namun, kerja keras tentu tidak akan mengkhianati hasil.

Dalam beberapa bulan ini, BTS banyak menghadirkan konten-konten dan merilis lagu baru.

“Butter”, contohnya, menjadi lagu terlaris dan banyak memecahkan rekor-rekor di dunia musik.

Lagu ini mampu bertahan selama 7 minggu di chart Billboard, yang tentu saja merupakan pencapaian sangat luar biasa.

Seolah itu masih kurang, BTS pun merilis “Permission to Dance” pada tanggal 9 Juli 2021. Tanggal yang sangat spesial karena merupakan hari jadi ARMY, fandom BTS.

Seperti yang sudah dapat diperkirakan, lagu ini langsung berada di puncak tangga lagu di banyak negara.

Tentunya, “Permission to Dance” ini juga banyak memecahkan rekor-rekor di dunia musik.

2. Banyak memiliki fans dari kalangan selebritis

Siapa yang tak kenal dengan fandom yang sekarang dianggap sebagai fandom terbesar di dunia, yaitu ARMY.

Hal ini dapat dibuktikan dengan tagar mengenai BTS, anggota BTS, dan bahkan ARMY sendiri selalu menjadi trending topic di berbagai platform.

Ketika ada suatu organisasi mengadakan vote yang pada salah satunya kategorinya, BTS selalu berada di atas dengan vote yang sangat banyak jumlahnya.

Ketenaran BTS seperti selalu berada di atas. Selalu ada update terbaru dari para selebritis yang memperlihatkan kecintaan mereka pada BTS melalui unggahan di media sosial.

3. Banyak memiliki fans dari kalangan akademis

Mempunyai fans dari kalangan selebritis mungkin bukan hal yang baru. Namun, suatu fenomena tersendiri bahwa BTS mampu menarik kalangan akademisi untuk menjadi fans mereka.

Apa yang membedakan BTS dari grup idola lainnya? Apa yang berhasil menarik perhatian para akademisi?

Konsep yang diusung BTS dalam setiap albumnya selalu penuh makna dan decak kagum. Setiap album dan lagu-lagu di dalamnya seolah menjadi jejak pertumbuhan dan perkembangan BTS.

Pemilihan konsep, lagu, dan lirik dipenuhi literatur-literatur dunia. Setiap MV memiliki simbol-simbol tersembunyi yang saling terkait.

Setiap kali lagu atau MV baru BTS dirilis, ARMY sibuk saling mengemukakan teori dan mengurai simbol. Siapa sangka grup idola bisa semenarik ini?

Awalnya, para akademisi membuat studi mengenai BTS dan konsep-konsep yang BTS usung dalam menarik fans.

Mereka mencoba menggali lebih dalam ketenaran BTS dan ARMY yang selalu mendukung dengan penuh. Akhirnya, mereka pun ikut menjadi fans karena tersentuh oleh tujuan dari konsep lagu-lagu BTS.

4. Lee Jeeheng, dari sekadar studi menjadi fans

Buku BTS & ARMY Culture yang ditulis oleh Lee Jeeheng diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul The Book of BTS ARMY.

Buku ini menjadi bestseller di beberapa negara. Lee Jeeheng menuliskan sudut pandangnya sebagai akademisi mengapa BTS dan ARMY bisa begitu menjadi besar.

Namun, tulisannya bukanlah sekadar tulisan biasa. Dia menuliskan buku ini sebagai hasil dari riset dan studinya

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Apa yang Membuat BTS Menjadi Sangat Populer di Dunia?, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/08/10/apa-yang-membuat-bts-menjadi-sangat-populer-di-dunia?page=4.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm