Ilustrasi apem panggang
Ilustrasi apem panggang ( Dok. Sajian Sedap)

Mudah Dan Murah, Berikut Ini Cara Membuat Kue Apem Pisang

11 Agustus 2021 15:29 WIB

SonoraBangka.id - Apem merupakan kue tradisional dari tepung beras yang biasanya disajikan saat acara kebudayaan, seperti tahun baru Islam. Terdapat tiga jenis kue apem yakni kue apem kukus, panggang, dan selong. Tentu saja, ketiganya memiliki cara memasak yang berbeda-beda. Baca juga: Bedanya Kue Apem Kukus, Panggang, dan Selong Pada resep kue apem ini, adonan dipanggang di atas kompor menggunakan cetakan. Kamu bisa menggunakan cetakan kue lumpur atau serabi untuk memanggang adonan kue apem. Spesialnya, resep apem panggang ini menggunakan pisang ambon sebagai bahan utamanya. Pisang diremas hingga halus dan dicampurkan dengan bahan lainnya, seperti tepung beras dan tapai beras. Selengkapnya, kamu bisa coba membuatnya dengan mengikuti resep kue apem pisang dari buku “Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS” (2013) oleh Julie Sutarjana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep kue apem pisang

Bahan:

  • 4 pisang ambon tua
  • 400 gram tepung beras
  • 1 sdm tapai beras
  • Air kelapa secukupnya S
  • antan kental dari 1 butir kelapa
  • Gula secukupnya
  • Garam sedikit

Cara membuat kue apem pisang

  1. Haluskan pisang ambon dengan menggunakan garpu sampai halus. Campurkan dengan tpeung terigu dan tapai beras. Uleni adonan dan tuang dengan air kelapa. Tuang sampai adonan lemas. Diamkan adonan sampai melar. Kira-kira selama 12 jam. Kalau adonan sudah naik, beri gula semanisnya dan santan kental. Ambil wajan, olesi dengan minyak kelapa. Atur api kompor kecil dan tuang adonan sekitar satu sendok sayur. Tutup panci sampai adonan matang. Angkat dan sajikan.
    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Kue Apem Pisang, Bahannya Mudah dan Murah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/10/100700175/resep-kue-apem-pisang-bahannya-mudah-dan-murah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm