Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/Beeboys )

Perempuan Harus Tahu Ini Agar Sukses Atur Bisnis dan Raup Penghasilan

11 Agustus 2021 21:39 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sedikit perempuan yang sukses menjadi pengusaha, membangun merek ternama, dan meraih omzet yang juga luar biasa dari usaha kecil-kecilan.

Pernahkah Anda berangan-angan menjalani usaha untuk sekedar memanfaatkan hobi menjadi sesuatu yang berguna?

Jika pernah, jangan kubur angan-angan tersebut. Coba pupuk kepercayaan diri dan mulai rintis secara bertahap.

Nah, mungkin Anda pernah mendengar Javara Indigenous Indonesia yang menawarkan produk-produk modern dari olahan keragaman pangan hayati. Dibalik kesuksesan Javara ada sosok Helianti Hilman.

Perempuan yang memperoleh penghargaan Social Entrepreneur of the Year 2013 dari Ernst & Young atas kesuksesannya mengantar petani dan nelayan menyasar pasar ritel modern melalui usahanya.

Namun, sebelum ia meraih kesuksesan beragam kesulitan pernah dialaminya. Bisnisnya sempat diragukan dan diramalkan tak akan bertahan lebih dari dua tahun.

Produknya pun tidak serta-merta diterima konsumen domestik.

Namun, ia tidak menyerah. Memanfaatkan kemajuan teknologi yang membuat jangkauan bisnisnya lebih luas, ia fokus menggarap pasar internasional.

Langkah tersebut ternyata berhasil meningkatkan penjualan melalui ekspor ke berbagai negara di dunia.

Berkaca dari perjalanan Helianti Hilman dalam mengembangkan bisnisnya, ternyata perempuan juga bisa jadi pintar atur usaha.

Perempuan punya kesempatan yang terbuka lebar untuk mandiri secara finansial dengan berbisnis.

Survei National Association of Women Business Owners pada 2013 menyebut di era modern lebih banyak perempuan menjadi pemilik bisnis.

Perkembangan teknologi digital juga menjadi peluang yang membuat merintis usaha menjadi lebih mudah.

Namun, supaya bisa merintis usaha yang sukses seperti Helianti, ada beberapa pengetahuan yang perlu dimiliki.

Pertama soal branding, kedua  menguasai pemasaran melalui platform digital.

Erryza Susilo, pemateri dalam program kuliah Whatsapp (Kulwap) WeLearn yang diinisiasi oleh UN Women, yang diselenggarakan Selasa, (12/5/2020), menyebut pemasaran digital tidak perlu ditakuti.

“Kita mau tidak mau harus mulai memasarkan produk yang kita miliki secara digital. Semua bisa dipelajari asal ada kemauan, karena perempuan bisa melakukan apa saja,” ujarnya.

Lalu, bagaimana cara pemasaran memanfaatkan platform digital?

Maksimalkan profil bisnis digital

Profil bisnis menentukan impresi atau kesan pertama konsumen terhadap merek atau produk. Oleh sebab itu Anda harus memperhatikan tampilan logo atau foto produk. 

Selanjutnya perhatikan, apakah konten deskripsi usaha di berbagai kanal usaha yang digunakan sudah menuliskan fakta mengenai keunggulan atau manfaat produk yang unik?

Bagaimana juga dengan value proposition atau nilai manfaat yang ditawarkan oleh produk.Javara bisa kembali jadi contoh. 

Deskripsi keunggulan kualitas bahan baku yang diproduksi secara natural sesuai metode cocok tanam zaman dulu, dengan legalitas yang lengkap dengan produk yang beragam diceritakan dengan baik.

“Setelah kita tahu keunggulan produk yang unik, dan segmen, kita bisa kembangkan narasi serta gaya Bahasa sapaan, dan lain-lain dalam konten digital kita. Tak hanya deskripsi kita juga memasukan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh calon konsumen,” ujar Erryza Susilo yang juga pemilik usaha Jendra Jewelry ini.

Membuat konten promosi

Pahami dulu bahwa ada beberapa tujuan dalam berpromosi yaitu brand awareness, brand image, dan konversi menjadi penjualan produk.

Jangan hanya fokus pada berjualan. Jika konten promosi isinya hanya berjualan produk, konsumen merasa bosan dan aksi unfollow akun media sosial bisnis Anda bisa jadi dilakukan pelanggan.

Pahami target market karena mereka yang akan membeli produk. Konten pada media sosial bisnis harus bisa juga memberi edukasi atau informasi bermanfaat untuk diketahui konsumen.

Buat komunikasi yang efektif dengan pelanggan

Komunikasi dengan calon konsumen harus lancar dan dikelola dengan baik. Ketika mereka memerlukan informasi detil tentang produk, mekanisme pemesanan, atau harga aksesnya harus lancar.

Hal ini penting khususnya bagi Anda yang usahanya tengah berkembang. Pemasaran adalah aspek yang sangat penting dalam usaha. Pemasaran saat ini bisa dilakukan melalui media digital.

Baik itu melalui internet, marketplace, media sosial maupun aplikasi online menjadi hal penting untuk memasarkan produk demi kelangsungan usaha.

Nah, jika dipelajari Anda bisa mendapatkan keterampilan untuk merintis usaha dan meraih kesuksesan.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm