Tutorial jumper aki mobil (MMKSI)
Tutorial jumper aki mobil (MMKSI) ( kompas.com)

Begini Cara Melakukan Jumper Aki Mobil yang Tekor

12 Agustus 2021 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Dijumpai Beberapa permasalahan pada kendaraan bermotor yang sudah lama tidak digunakan seiring pemberlakuan pembatasan masyarakat pada tiga pekan belakangan ini, bisa saja muncul.

Salah satunya ialah aki mobil tekor lantaran tidak pernah dihidupkan. Dalam skenario terburuk, permasalahan terkait menjalar ke beberapa sektor lainnya tetapi pemilik tidak perlu khawatir.

Sebab, bila darurat mobil dengan aki tekor masih dapat dihidupkan melalui jumper yang memanfaatkan suplai arus listrik dari mobil lain yang normal.

Hanya saja, sebagaimana dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian, saat melakukan jumper aki, pastikan menggunakan kabel yang bagus kualitasnya serta terbuat dari bahan yang cukup tebal.

Karena, arus listrik yang digunakan untuk memutarkan dinamo starter tergolong besar. Bila kabel berukuran kecil dengan kualitas seadanya, maka akan lebih cepat panas.

“Proses jumper baiknya memakai kabel khusus jumper, karena kalau menggunakan alat lain lebih berisiko dan bisa terjadi korsleting,” ucap Deni kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Deni, proses jumper tergolong mudah. Tapi, jika salah dalam melakukannya bisa berbahaya sehingga mengetahui urutan dan proses sangat penting.

Sebelum melakukannya, pastikan transmisi mobil yang ingin di-jumper berada di posisi N untuk tipe manual, dan di posisi P untuk tipe matik. Matikan juga seluruh kelistrikan agar beban listrik menjadi ringan.

Kemudian, hubungkan kabel jumper positif (biasanya warna merah) ke kutub aki positif di masing-masing mobil.

Selanjutnya, kabel jumper negatif (warna hitam) ditempatkan di kutub aki negatif mobil yang berfungsi. Sementara ujung kabel negatif lainnya dijepit di bagian bodi, sasis, atau bagian metal lainnya dari mobil yang mogok.

“Tunggu beberapa saat, lalu nyalakan mobil yang akinya normal, injak sedikit pedal gas hingga 1.000 rpm. Biarkan mesin menyala, sambil Anda starter mobil yang akinya tekor itu,” ucap Deni.

Biarkan kabel masih terpasang di kedua mobil meskipun dalam keadaan menyala. Kalau mesin masih sulit menyala atau tidak ada reaksi, diamkan dulu beberapa saat agar proses pengisian tenaga jadi lebih banyak.

Tahap akhir, copot kabel jumper dimulai dari kutub negatif mobil yang akinya tekor, lalu kutub negatif mobil satunya. Setelah itu, lepas kabel jumper di kutub positif dengan urutan yang sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Tekor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/12/174100915/begini-cara-jumper-aki-mobil-yang-tekor.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm