Kerupuk puli dari nasi sisa yang belum basi.
Kerupuk puli dari nasi sisa yang belum basi. ( DOK. SOBAT COOKPAD IKE PRESTINAWATI @cook_07061983)

Gunakan Nasi Sisa Yang Belum Basi, Berikut Cara Mmebuat Kerupuk Puli

14 Agustus 2021 20:19 WIB

SonoraBangka.id - Tidak jarang nasi sisa terpaksa dibuang karena tidak ada yang mau makan. Namun, jangan terburu-buru. Kalau nasi masih belum basi, olah saja menjadi kerupuk puli. Bahan utama kerupuk puli adalah beras tetapi kamu dapat membuatnya menggunakan nasi sisa yang belum basi. Sobat Cookpad Ike Prestinawati @cook_07061983 dari Tabalong, Kalimantan Selatan membagikan resep kerupuk puli dari nasi sisa seperti berikut.

Resep kerupuk puli dari nasi sisa

Bahan

  • 3 piring nasi sisa yang tidak basi
  • 4 sdm tapioka
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Air secukupnya

Cara membuat kerupuk puli dari nasi sisa

  1. Cuci nasi sampai air arinya hilang. Kukus selama lebih kurang 15 menit. Angkat. Haluskan selagi hangat menggunakan ulekan. Haluskan bawang putih, ketumbar, dan garam.
  2. Campur nasi halus, tapioka, dan bumbu halus. Aduk rata. Tambahkan kaldu bubuk dan air sedikit demi sedikit. Pastikan agar adonan tidak terlalu lembek.
  3. Kukus adonan nasi selama sekitar 10 menit. Angkat. Ambil adonan secukupnya.
  4. Pipihkan menggunakan rolling pin. Jemur kerupuk selama dua hari kalau panas terik. Angkat. Kerupuk siap digoreng.

    Artikel ini telah tayang di comdengan judul "Resep Kerupuk Puli Pakai Nasi Sisa yang Belum Basi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/14/143847975/resep-kerupuk-puli-pakai-nasi-sisa-yang-belum-basi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm