Ilustrasi
Ilustrasi ( www.pexels.com)

Pertimbangkan 4 Hal ini Sebelum Melakukan Pinjaman ke Bank

16 Agustus 2021 15:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengajukan pinjaman ke bank dinilai menjadi langkah tepat saat membutuhkan dana.

Meskipun bank akan memberikan pinjaman dengan jumlah yang besar untuk Anda, tetapi prosedur yang harus dilalui ini tidak mudah. Bahkan bank juga memiliki syarat dan ketentuan yang kadang memberatkan nasabah.

Sebelum mengajukan pinjaman ke bank terdekat, Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar nantinya pengajuan yang dilakukan bisa diterima oleh pihak yang bersangkutan.

Nah dengan demikian, yuk simak apa saja informasi di bawah ini yang wajib Anda ketahui saat hendak mengajukan pinjaman ke bank.

Inilah 4 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Melakukan Pinjaman ke Bank

Dibandingkan mengajukan pinjaman ke fintech online, meminjam uang di bank dinilai lebih menguntungkan. Namun, syarat dan prosedur yang harus Anda penuhi terbilang sulit.

Meskipun demikian Anda bisa mengatasinya dengan mempertimbangkan 4 hal berikut ini sebelum yakin meminjam dana ke bank.

1. Penuhi Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Saat mengajukan pinjaman ke bank itu artinya Anda wajib memenuhi setiap persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Biasanya Anda harus memenuhi persyaratan seperti fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, Kartu Keluarga, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya yang sudah diatur oleh bank setempat.

2. Memiliki Jaminan

Perbedaan paling menonjol antara meminjam uang di bank dan di fintech online adalah jaminan. Jika Anda mengajukan pinjaman ke fintech online, Anda akan terbebas dari agunan ini.

Sedangkan bank akan meminta jaminan barang yang memiliki nilai setara dengan jumlah uang yang Anda ajukan. Inilah yang kadang yang memberatkan nasabah.

3. Tidak Memiliki Catatan Hutang yang Buruk

Jika Anda memiliki rekam jejak pernah meminjam uang ke lembaga lain, maka bank tidak akan segan untuk menolak Anda. Apalagi jika Anda tercatat sebagai peminjam yang pernah menunggak pembayaran cicilan hutang, hal ini akan semakin menyulitkan Anda untuk diterima oleh bank.

4. Semakin Lama Tenor, Bunga Semakin Tinggi

Apakah Anda siap membayar cicilan dengan tenor yang diajukan? Hal ini karena semakin lama masa tenor yang dipilih maka akan semakin tinggi pula bunga yang harus dibayarkan.

Untuk meringankan beban cicilan Anda, maka sebaiknya memilih masa pinjaman yang cepat agar bunga tidak terlalu besar.

Tahukah Anda bahwa ada cara lain selain mengajukan pinjaman ke bank, yaitu dengan menggunakan Aplikasi Senyumku yang akan membantu Anda untuk mengatur keuangan dengan mudah tanpa perlu mengajukan pinjaman ke manapun.

Namun, kenapa harus menggunakan Senyumku? Apa saja kelebihan dan manfaatnya?

Senyumku adalah sebuah aplikasi tabungan online yang akan membantu Anda untuk bertransaksi dan mengatur finansial dengan bijak tanpa perlu repot.

Aplikasi bank digital yang satu ini merupakan produk PT Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas serta keamanannya.

Senyumku dapat menjadi solusi untuk segala permasalahan keuangan yang Anda hadapi. Saat menjadi bagian dari nasabah Senyumku, Anda akan mendapatkan bunga tabungan kompetitif hingga 5.5%.

Selain itu, saat membuka rekening disini Anda tidak perlu mengajukan setoran awal. Salah satu fitur menarik yang dapat membantu Anda adalah Celengan Senyumku.

Fitur yang satu ini merupakan fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk merencanakan kebutuhan yang harus dipenuhi, sehingga Anda tidak perlu lagi meminjam uang ke bank karena semuanya telah diatur di Senyumku.

Menarik bukan? Nah dengan demikian, yuk segera unduh aplikasi Senyumku dan daftarkan diri Anda secepatnya di aplikasi tabungan online ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm