Beberapa jenis aki mobil.(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Beberapa jenis aki mobil.(Kompas.com/Alsadad Rudi) ( kompas.com)

Kenali Ciri Aki Mobil Sudah Mulai Soak

17 Agustus 2021 19:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu komponen penting pada kendaraan, yakni aki. Perangkat penyimpan energi listrik ini menjadi sumber utama untuk menghidupkan mesin mobil dan menjalankan perangkat kelistrikan lainnya.

Untuk itu, kondisi akumulator harus dipastikan selalu prima agar setiap komponen lain yang mengandalkan listrik dari aki bisa bekerja normal.

Seiring berjalannya waktu, komponen dalam aki lama-kelamaan akan melemah dan punya batas usia pakai. Bila sudah mencapai batas usia tersebut, performanya juga tidak lagi sebagus saat awal-awal digunakan.

Ada beberapa tanda aki mobil sudah muai soak dan harus diganti dengan yang baru. Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, salah satu tanda yang paling sering dirasakan ketika aki sudah mulai soak adalah mobil susah untuk dihidupkan.

“Saat mobil pertama kali dinyalakan mesin tidak langsung hidup, jadi harus dicoba beberapa kali sampai mesin menyala,” kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini. Hal ini Kondisi seperti ini, kata Didi, tidak hanya terjadi sekali saja, namun jika keesokan harinya masih sulit untuk dinyalakan mesinnya, dapat dipastikan aki sudah soak atau minta ganti.

“Ketika mesin dihidupkan starter lemah dan keesokan harinya kondisinya masih sama seperti itu tandanya aki sudah mulai lemah,” ucap dia.

Indikasi lainnya bila aki sudah mulai soak yakni dapat dilihat pada nyala lampu utama. Bila lampu utama sudah redup atau mulai melemah maka sebaiknya lakukan penggantian aki baru.

Ciri lain aki yang sudah soak, yakni bunyi klakason yang sudah tidak nyaring lagi. Bunyi klakson yang sudah tidak kencang merupakan indikasi awal sebelum mesin mobil susah dinyalakan.

“Untuk usia rata-rata aki itu antara 1,5 tahun sampai dua tahun, kalau sampai di atas dua tahun itu sudah bagus,” kata Didi.

Bila sudah ada tanda-tanda tersebut, segera lakukan penggantian aki atau di bawa ke bengkel untuk memastikan komponen lainnya tidak terjadi kerusakan akibat kurangnya suplai listrik.

Saat melakukan penggantian aki, Didi juga menyarankan agar disesuaikan dengan spesifikasi mobil atau sama seperti bawaan pabrikan. Hal ini karena, jika ukuran tidak sama akan berdampak pada kinerjanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Ciri Aki Mobil Mulai Soak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/17/120200415/kenali-ciri-aki-mobil-mulai-soak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm