Peresan
Peresan ( HAI Online / Bagas Rahardian)

Wajib Tau Nih, 6 Tradisi Unik Rayakan 17 Agustus di Berbagai Daerah Indonesia

18 Agustus 2021 07:41 WIB

SonoraBangka.ID - 

Sebagai generasi muda yang baik, kita tentu perlu nggak acuh sama wawasan mengenai Indonesia.

Apalagi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 yang berlangsung kemarin , Selasa (17/8/2021), udah waktunya kita aware sama beragam keunikan yang ada di negeri kita sendiri.

Nah, buat kita-kita yang ingin tau lebih dalam keunikan Indonesia, berikut HAI paparkan ragam tradisi unik untuk rayakan '17-an' dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Perahu Jong, Kepulauan Riau

Di Kepulauan Riau terdapat tradisi unik dalam menyambut Hari kemerdekaan RI yaitu Perahu Jong.

Perahu Jong merupakan sebuah permainan tradisional yang sangat populer di masyarakat Kepulauan Riau dan sudah dimainkan sejak masa Kerajaan Johor Pahang Riau Lingga.

Perahu Jong sendiri memiliki bentuk seperti miniatur perahu layar dan mengandalkan tiupan angin kencang dalam permainannya.

Terbuat dari kayu pulai, ada tiga jenis perahu yang diklasifikasikan berdasarkan ukuran: Jong kecil, Jong sedang, dan Jong besar yang juga kerap dijadikan kategori perlombaan saat menyambut HUT Kemerdekaan RI.

2) Telok Abang, Palembang

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm