Kampas rem asli dan imitasi bisa dibedakan dari materialnya. Pada barang palsu lebih berkilau karena banyak menggunakan bahan metal sedangkan yang asli lebih kasar.(Febri Ardani/KompasOtomotif)
Kampas rem asli dan imitasi bisa dibedakan dari materialnya. Pada barang palsu lebih berkilau karena banyak menggunakan bahan metal sedangkan yang asli lebih kasar.(Febri Ardani/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Kenali Ciri Kampas Rem Motor Yang Sudah Mulai Habis

23 Agustus 2021 17:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Proses pengereman pada sepeda motor untuk saat ini ada dua macam, yakni drum brake (teromol) dan disc brake (cakram).

Pada motor zaman sekarang, rem cakram digunakan untuk roda bagian depan. Walaupun ada juga motor yang menggunakan cakram depan belakang.

Pada sistem pengereman, komponen yang wajib diperhatikan yakni kampas rem. Kampas rem mempunyai masa pakai yang berbeda pada setiap kendaraan tergantung cara berkendara.

Untuk mengetahui kampas rem, Feri Firmasnyah yang merupakan mekanik bengkel Badnit Racing Engines di Sukoharjo, Jawa Tengah mengatakan, kampas rem yang sudah habis dapat dilihat secara langsung dan dirasakan.

"Kalau kampas rem cakram habis bisa dilihat secara langsung. Pastinya sebelum itu pengendara juga merasakan pengereman yang kurang pakem. Atau bisa juga terdengan bunyi gesekan antara besi di bagian pengereman." kata Feri kepada Kompas.com, Minggu (22/8/2021).

Untuk rem cakram cara mengecek batas keausan kampas rem adalah dengan melihat alur-alur pada kampas remnya. Kalau kampas sudah menipis, segera lakukan penggantian dengan yang baru.

Kemudian untuk rem tromol, cara mengeceknya yakni dengan melihat tanda segitiga pada panel rem tromol dan tanda panah pada tuas rem, apabila saat menarik rem tromol tanda segitiga dan tanda panah tersebut hampir bertemu atau segaris, maka segera lakukan penggantian kampas rem.

Sementara itu Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza menjelaskan, untuk perawatan atau pemeriksaan perangkat rem sebaiknya dilakukan secara berkala.

“Lakukan perawatan berkala pemeriksaan rem cakram maupun rem tromol setiap 10.000 kilometer sekali agar performa pengereman tetap terjaga,” kata Reza.

Reza juga menyarankan, saat melakukan penggantian sepatu rem sebaiknya menggunakan yang asli. Kalau menggunakan perangkat yang tidak asli jelas akan berbeda saat digunakan dan bukan tidak mungkin akan mengganggu kenyamanan.

“Gunakan kampas rem yang original dari pabrik pembuatnya agar terjamin kualitasnya,” tuturnya.

Kalau menggunakan kampas rem KW, ada beberapa kerugian yang nantinya malah membahayakan bagi pengendara. Kerugian yang pertama yakni pengereman menjadi kurang pakem.

Kerugian berikutnya, dengan menggunakan kampas rem KW malah justru akan merusak tromol ataupun piringan cakram.

Terakhir, yaitu rem akan cepat panas dan menimbulkan hilangnya daya pengereman secara terus menerus atau disebut dengan istilah fading.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Ciri Kampas Rem Motor Mulai Habis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/23/064200815/kenali-ciri-kampas-rem-motor-mulai-habis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm