Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil (Dok. Daihatsu Indonesia)
Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil (Dok. Daihatsu Indonesia) ( kompas.com)

Kenali 5 Yang Menjadi Penyebab Rem Mobil Bisa Berdecit

27 Agustus 2021 19:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rem mobil yang berdecit saat sedang berjalan merupakan salah satu kendala yang membuat kenyamanan berkurang. Apalagi kondisi ini berlangsung dalam perjalanan bersama keluarga dengan kapasitas penuh.

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menyatakan jika hal ini jangan pernah disepelekan karena bisa berdampak fatal pada mobil tersebut.

Ada berbagai penyebab di balik kampas rem yang berderit. Penyebab paling umum dari suara yang cukup mengganggu itu adalah dikarenakan kampas yang sudah tipis.

"Setelah kampas rem aus dengan ketebalan menyentuh seperempat inci, itu Anda harus menggantinya," ujar Tara, Kamis (26/8/2021).

Adapun dalam komponen kampas rem, terdapat tab baja kecil dikeraskan yang mengenai rotor sebelum bantalan rem aus.

Suara mencicit berasal dari bagian logam yang saling bergesekan, hal ini sekaligus menjadi peringatan Anda bahwa harus mengganti kampas rem.

Tapi, ada penyebab lain di balik bantalan rem yang berderit juga. Secara umum, ada lima penyebab rem mobil berdecit.

Simak, rinciannya!

1. Kampas rem terlalu panas

Gejala kampas rem yang terlalu panas atau juga disebut overheating, tergolong  berbahaya. Gejala ini bisa dialami jika ketika kendaraan melalui jalan yang menanjak dan menurun seperti daerah perbukitan dalam rentang waktu tertentu.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm