Ilustrasi bersin
Ilustrasi bersin ( Shutterstock )

Ternyata, Ini 7 Bahaya Fatal Yang Terjadi Jika Menahan Bersin!

1 September 2021 19:40 WIB

SonoraBangka.id - Setiap manusia tentulah pernah mengalami bersin.

Ya, bersin merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan bakteri, jamur, debu, atau jamur dari dalam hidung.

Dengan bersin, kita bisa mencegah tubuh menjadi sakit atau cedera karena berbagai hal yang mungkin masuk ke dalam hidung.

Namun, ada beberapa momen yang membuat kita tergoda untuk menahan bersin.

Padahal, menurut penelitian, ada sejumlah bahaya menahan bersin yang bisa kita alami, bahkan bisa menyebabkan komplikasi serius.

Dilansir Kompas.com dari Healthline, bersin dapat mengeluarkan tetesan lendir dari hidung dengan kecepatan hingga 160 km/jam.

Alasannya, ketika bersin, tubuh menghasilkan tekanan dalam sistem pernapasan, termasuk sinus, rongga hidung, dan tenggorokan ke paru-paru.

Menahan bersin bisa meningkatkan tekanan di dalam sistem pernapasan hingga sekitar 5-24 kali lipat yang disebabkan oleh bersin itu sendiri.

Jika kita menahan tekanan tambahan ini, ada bahaya yang bisa terjadi. Berikut ini beberapa daftarnya.

1. Gendang telinga pecah

Jika kita menahan bersin, kita akan mengirimkan udara ke telinga.

Udara yang bertekanan ini pun akan mengalir ke tabung di masing-masing telinga yang terhubung ke telinga tengah dan gendang telinga.

Para ahli menyebut bahwa tekanan itu bisa menyebabkan gendang telinga pecah sehingga kemampuan pendengaran pun hilang

Meskipun gendang telinga yang pecah bisa sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa minggu, tetap saja ada beberapa kasus membutuhkan tindakan pembedahan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm