Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksi (istimewa)
Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksi (istimewa) ( kompas.com)

Begini Cara Merawat Sistem Injektor Sepeda Motor

4 September 2021 21:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor dengan teknologi injeksi kini banyak berdear di Indonesia. Pasalnya teknologi injeksi dinilai lebih hemat bahan bakar dan mudah untuk merawatnya.

Walaupun demikian, perawatan tetap harus dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor agar performa mesin juga optimal. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaran injeksi yakni jangan terlalu telat mengisi bahan bakar.

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat sistem injeksi sepeda motor.

"Pertama, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor. Usahakan bensin di tangki motor jangan sering kosong," kata Dwi kepada Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

Bila tangki bahan bakar sering kosong dan berisi udara, Dwi mengatakan akan ada uap air yang nantinya bercampur dengan bensin. Hal ini mengakibatkan sistem injeksi pada sepeda motor lebih cepat rusak.

Bila terlalu banyak air yang terhisap oleh fuel pump, mesin motor akan menjadi tersendat dan bisa juga langsung mogok. Karena yang dihisap oleh fuel pump bukan bensin melainkan air.

"Apalagi motor yang tangkinya kosong sering terkena panas yang diakibatkan suhu dari matahari," ucap Dwi.

Untuk menjaga agar fuel pump injektor selalu bersih, Dwi juga menyarankan untuk servis injeksi dalan jangka waktu tertentu.

"Untuk perawatan lagi, diusahakan setiap 3.000 kilometer sistem injeksi dibersihkan dengan carbon cleaner. Kemudian setiap 10.000 kilometer sistem injeksi dibersihkan pakai injektor cleaner," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Merawat Injektor Sepeda Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/04/154200315/begini-cara-merawat-injektor-sepeda-motor.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm